Kamayan, Liwetan Versi Filipina

Kamayan, liwetan versi masyarakat Filipina.
Sumber :
  • Modern Filipino Kitchen

VIVA.co.id – Masyarakat Indonesia punya liwetan, orang Filipina punya kamayan yang berarti cara makan tradisional menggunakan tangan ala Filipina. Konsepnya sama, yakni menyantap makanan tanpa alas dan alat makan.

Sensasi Liwetan di Hotel Mewah, Mantap!

Orang Filipina juga biasa menggunakan daun pisang yang telah dibersihkan sebagai alas makanan mereka saat makan kamayan.

Gaya santap seru sarat kebersamaan ini bahkan telah sampai ke Amerika Serikat. Ialah Modern Filipino Kitchen di Anaheim, California yang memperkenalkan cara makan tradisional ala masyarakat Filipina tersebut di AS. Demikian dilansir dari laman Food Beast.

Di Filipina Ada Pagpag, Daging Daur Ulang dari Tempat Sampah

Makanannya terdiri dari nasi putih dan lauk pauk yang berlimpah, mulai dari lumpia babi, longanisa (sosis manis Filipina), ayam panggang, ikan goreng, lechon kawali (perut babi goreng) udang bawang putih goreng mentega, salad segar hingga buah-buahan.

Sebagai informasi, gaya makan yang sama di Indonesia yang dinamakan liwetan kini juga sudah diadaptasi banyak restoran di ibu kota Jakarta. Dinamakan liwetan karena nasi yang dihidangkan biasanya adalah nasi liwet Solo.

Kumpares, Kecocokan Lidah Orang Indonesia dan Makanan Filipina

Namun, berbagai daerah di Nusantara pun juga punya tradisi serupa dengan nama yang berbeda, seperti bancakan dan botram dari Sunda, magibung dari Bali serta bajamba dari Minangkabau.

The halal guys.

10 Restoran Halal di Filipina Jangan Dilewatkan

Cita rasa olahan masakan Filipna sudah diragukan lagi.

img_title
VIVA.co.id
7 November 2018