Tomat Itu Buah atau Sayur? Ini Jawabannya

Tomat.
Sumber :
  • Pixabay/graceful

VIVA.co.id – Barangkali Anda pernah berdebat dengan teman Anda bahwa tomat termasuk dalam golongan sayur-sayuran atau sebaliknya, tomat termasuk dalam kelompok buah-buahan. Manakah yang paling benar?

Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

Secara teknis, tomat memang tergolong dalam jenis buah-buahan. Namun, secara sah tomat sebenarnya dimasukkan dalam kategori sayuran.

Dilansir dari laman Daily Meal, perdebatan ini sudah terjadi sejak abad ke-19. Kala itu, salah satu anggota Supreme Court (Mahkamah Agung) Amerika Serikat melontarkan pertanyaan, "Apakah tomat termasuk buah-buahan atau sayuran?"

Tumbuhan Bisa Keluarkan Suara ketika Stres, Benarkah?

Pertanyaan ini dilontarkan kepada seorang importir buah yang kala itu mengatakan bahwa tomat adalah buah dan seharusnya dikenakan pajak buah-buahan. Kala itu impor sayuran dikenakan pajak 10 persen, sedangkan buah tidak kena pajak.

Buah sendiri mengacu pada struktur yang membungkus atau melindungi biji tumbuhan. Dan meskipun pihak Mahkamah Agung tahu bahwa secara ilmu tumbuh-tumbuhan, tomat secara teknis termasuk golongan buah-buahan, namun mereka memutuskan bahwa tomat harus dikenakan pajak sayuran karena tomat kerap digunakan untuk kebutuhan memasak.

4 Buah Ini Ampuh Atasi Hipertensi, Murah dan Mudah Ditemui

Kita tidak bisa menyangkal bahwa tomat memang lazim ditemukan di dalam salad, sup dan roti isi ketimbang di dalam kue-kue, es krim atau makanan pencuci mulut lain.

Singkatnya, setelah perdebatan mengenai status tomat, barangkali Anda mempunyai pendapat sendiri mengenai apakah tomat termasuk dalam golongan buah atau sayur.

Ilustrasi kemasan makanan.

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Menggunakan sosial media memang harus sangat bijak, karena saat ini, jejak digital sangat mudah untuk ditemukan, salah satuya nasib sial wanita ini karena review makanan

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024