Kuliner Indonesia di Le Cordon Bleu London Bikin Penasaran

Chef Degan Septoadji mempresentasikan kuliner Indonesia pertama kali di London
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Kuliner Indonesia, perlahan mulai diperkenalkan pada dunia. Seperti yang dilakukan Chef Degan Septoadji. Dia, menampilkan kuliner Indonesia untuk pertama kalinya di institusi pendidikan kuliner, Le Cordon Bleu London, Inggris, 18 Juli 2017 lalu.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Presentasi dan sesi peragaan memasak yang berlangsung selama dua jam tersebut mendapat penghargaan dan apresiasi tinggi dari peserta yang hadir terdiri dari para mahasiswa, pengajar, awak media dan para undangan.

“Bobot dan kualitas pertanyaan yang disampaikan mencerminkan minat dan rasa ingin tahu yang tinggi, terutama karena kuliner Indonesia belum pernah hadir sebelumnya,” ujar Chef Degan melalui keterangan tertulis.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Sebanyak lebih dari 50 pertanyaan dilontarkan peserta, antara lain meliputi penggunaan aneka rempah dan bumbu, teknik memasak olahan Indonesia, aplikasi teknologi memasak modern dalam kuliner Nusantara, serta berbagai pertanyaan seputar aspek budaya kuliner Indonesia lainnya.

“Jenis pertanyaan yang dilontarkan sebagian besar sangat teknis dan spesifik karena peserta umumnya adalah pelajar atau pelaku bidang kuliner yang mafhum di bidang ini, sehingga membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan masak yang mumpuni juga agar dapat memaparkan dan memberi jawaban yang tepat pada level tersebut,” komentar Ardito Widjono, 23, salah satu mahasiswa pemrakarsa ajang Indonesian Weekend 2017.   

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Kunjungan Chef Degan ke kampus bergengsi Le Cordon Bleu London ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London dan menjadi salah satu agenda dalam rangkaian acara promosi kuliner Indonesia selama festival Indonesian Weekend 2017 yang akan digelar di Potters Field Park, London, Inggris, pada 22-23 Juli 2017. Diprakarsai oleh Komunitas Bangga Indonesia di London, perhelatan ini digelar atas dukungan Kemendikbud untuk mengangkat budaya, kesenian, fesyen, musik, pariwisata juga kuliner Nusantara.

Promosi kuliner Indonesia di kampus pendidikan kuliner terbesar di dunia ini merupakan kelanjutan dari presentasi serupa oleh Chef Degan di kantor pusat kampus Le Cordon Bleu Paris bulan Mei lalu untuk pertama kalinya.

Untuk presentasi di Le Cordon Bleu London, Chef Degan kembali menekankan pada kekayaan bumbu dasar sebagai inti cita rasa sajian, khususnya bumbu dasar kuning, yang dapat diolah menjadi beragam hidangan khas Indonesia. Beberapa sajian menggunakan bumbu kuning yang akan ditampilkan antara lain Soto Ayam, Ayam Panggang dan Kari Ayam yang memiliki karakter berbeda satu sama lain meski menggunakan bumbu dasar yang sama.

“Kekayaan kuliner Indonesia tercermin pada cita rasa aneka bumbu dan rempahnya, dan hal yang luar biasa dalam presentasi kali ini adalah dinamika serta passion yang sangat kuat pada masakan Indonesia antara Chef Degan sebagai fasilitator dan peserta seminar,” ungkap Chef Loic Malfait, direktur akademik Le Cordon Bleu London. “Antusiasme yang tinggi seakan tak putus dengan adanya berbagai pertanyaan dari seluruh penjuru ruangan selama seminar berlangsung,” lanjutnya.

Selain mencicipi ketiga hidangan yang didemonstrasikan, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dengan tamu yang hadir sambil menikmati beberapa hidangan Indonesia seperti Ayam Pelalah, Sambal Goreng Udang dan Urab, Tuna Sambal Matah, Sate Lilit, Bubur Ketan Hitam dan Kue Lapis Legit sebagai upaya memperkenalkan hidangan khas lainnya.

Degan Septoadji, salah seorang chef profesional asal Indonesia, telah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri boga. Mengenyam pendidikan dan mengawali karir di Eropa, Chef Degan bekerja di sejumlah jaringan hotel mewah internasional di mancanegara termasuk Hilton International, Grand Hyatt dan Banyan Tree Hotels & Resorts. Selain tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, Chef Degan aktif mempromosikan kuliner Indonesia di mancanegara, juga sebagai pembicara dan konsultan kuliner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya