Ingat, Jangan Langsung Seduh Kopi dengan Air Mendidih

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Bagi para pencinta kopi, tak lengkap rasanya jika melewatkan secangkir kopi di pagi hari. Selain kualitas biji dan cara penyajian, takaran air yang tepat juga sangat mempengaruhi rasa dan kualitas kopi buatan Anda.

Mengupas Fakta Unik Tentang Kopi Instan

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang keliru dalam membuat kopi. Hal ini salah satunya karena tidak tahu takaran yang tepat dalam menyeduhnya.

Dilansir dari laman The Sun, Kamis, 3 Agustus 2017, seorang ahli kopi telah menyarankan takaran yang tepat dalam menyeduh kopi agar menghasilkan cita rasa kopi berkualitas.

Pecinta Kopi Semakin Dimanjakan dengan Festival Unik

Saat membuat satu teko kopi, rahasia takarannya adalah satu atau dua sendok makan kopi bubuk untuk enam ons air. Selain itu, air panasnya juga harus sedikit didinginkan setelah mendidih, sampai suhu 85-96 derajat Celsius kopi secara optimal. Demikian menurut National Coffee Association USA.

Mereka menyarankan, agar air yang sudah mendidih didiamkan sejenak sebelum kemudian digunakan untuk menyeduh kopi. Anda kemudian harus membiarkan kopi menetes selama lima menit di saringan Anda.

Mangga Arumanis hingga Kopi Instan Jadi Produk Laris RI di Rusia

Lantas bagaimana untuk peminum kopi instan? Yang paling penting adalah jangan pernah menggunakan air yang benar-benar mendidih, karena akan memengaruhi cita rasa hasil kopinya akibat proses yang disebut deoksigenasi. (one)

Ilustrasi mie instan.

Mie dan Kopi Instan Jadi Teman Akrab Konsumen Indonesia

Selain mie dan kopi instan, ada biskuit, deterjen dan penyedap rasa adalah produk yang dicari konsumen Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2021