Begini Cara Bikin Kopi Senikmat di Kafe

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Menjamurnya kedai kopi di Indonesia beberapa tahun belakangan membuat minuman yang berasal dari biji kopi ini menjadi primadona baru bagi banyak orang.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Tak hanya pecinta dan penikmat kopi, banyak orang awam yang kini mulai penasaran untuk mencoba kopi yang memiliki berbagai jenis dan dibuat dengan beragam teknik penyeduhan.

Memang Anda harus membayar harga yang cukup mahal untuk menikmati secangkir kopi di coffee shop atau kafe. Apalagi jika kopi tersebut diseduh dengan teknik tertentu.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Nah, jika tak ingin boros atau ingin menikmati secangkir kopi nikmat ala kedai kopi di rumah sembari bersantai bersama orang tercinta, pemilik Kedai Kopi Marco, Chef Marco Lim berbagi sedikit tips menyeduh kopi agar rasanya nikmat.

Menurutnya, kenikmatan dan kesegaran kopi tak hanya dipengaruhi oleh jenis kopi. Teknik menyeduh yang tepat juga mampu memberikan pengaruh besar pada rasa yang dihasilkan. Untuk itu, penting bagi para penikmat kopi untuk mengetahui bagaimana cara menyeduh kopi dengan benar.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"(Air yang digunakan) jangan mendidih-mendidih banget. Ya, hampir 80 persen (kematangan air)," ujar Marco kepada VIVA.co.id di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu, 23 Agustus 2017.

Ia mengatakan, tingkat kematangan air menjadi kunci nikmat atau tidaknya rasa secangkir kopi yang dihasilkan. Karena jika air yang digunakan untuk dituangkan terlalu matang, maka yang muncul adalah rasa pahit gosong, berbeda dengan rasa pahit alami dari kopi.

"Kalau kopi tradisional ya, bukan kopi yang sudah jadi. Begitu mendidih langsung tuang, tutup. Jadi begitu air masak, langsung matikan (kompor). Jangan sampai mendidih-mendidih gitu, hangus dia. Nanti pahitnya bukan pahit enak. Pahitnya pahit gosong,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya