Jangan Salah, Ayam Geprek dan Penyet Itu Beda!

Ayam Geprek.
Sumber :
  • Instagram @jktfoodbang

VIVA.co.id – Gurih, renyah dan pedas. Itu yang membuat ayam geprek belakangan ini menjadi salah satu kuliner yang nge-hits di Jakarta dan beberapa kota besar lain di Indonesia, seperti Bandung dan Yogyakarta.

Gak Bisa Masak, Zaskia Adya Mecca Bingung Disuruh Suami Bikin Ayam Goreng

Namun, sampai sekarang masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara ayam geprek dan ayam penyet yang merupakan kuliner khas Jawa Timur. Keduanya memang sama-sama ayam goreng dan penyajiannya dilakukan dengan memukul-mukul dagingnya di atas cobek menggunakan ulekan sambal.

Menurut informasi yang dihimpun VIVA.co.id dari berbagai sumber, ada satu perbedaan mendasar antara ayam geprek dan ayam penyet. Ayam yang digunakan untuk membuat ayam geprek merupakan ayam goreng tepung, bukan ayam goreng tradisional Indonesia yang diungkep terlebih dahulu sebelum digoreng.

Ramadhan Makin Istimewa! Menu Kesukaan Cipung Hadir di Hotel Mewah Jakarta

Perbedaan lain yang cukup mencolok adalah sambal yang digunakan. Jika ayam penyet biasa disajikan dengan sambal terasi, baik itu mentah maupun matang, teman makan ayam geprek adalah sambal bawang.

Umumnya, sambal bawang terbuat dari cabai rawit, bawang putih, garam dan minyak goreng. Awalnya cabai rawit, bawang putih dan garam diulek kasar, lalu disiram dengan minyak panas.

Pembunuh Wartawan di Jombang Dituntut Hukuman 18 Tahun Penjara

Bisa dibilang ayam geprek merupakan inovasi ayam penyet yang lebih modern. Hidangan ini kian digemari anak muda karena ayam yang digunakan merupakan ayam goreng tepung dengan bagian kulit yang lebih renyah dan lezat.

Jika Anda penggemar kuliner pedas atau hanya gemar kuliner, simak pula tujuh ayam geprek paling hits di Jakarta di tautan ini.

August Berhasil Masuk Daftar  Asia’s 50 Best Restaurants 2024

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

August merupakan restoran Jakarta pertama yang berhasil masuk ke daftar dan berhasil dinobatkan sebagai Best Restaurant in Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024