4 Tempat Tersembunyi di Dapur yang Jarang Dibersihkan

Ilustrasi dapur.
Sumber :
  • Instagram/@RickLew

VIVA.co.id – Tidak semua tempat di rumah Anda mudah untuk dibersihkan, salah satunya dapur. Ketika Anda membersihkan dapur, tidak semua tempat dapat dibersihkan dengan baik. Ada beberapa bagian dapur yang sering terlupakan dan membuat debu dan noda menumpuk.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Untuk itu, simak tips membersihkan empat tempat tersembunyi di dapur, seperti dilansir dari laman Good Food, Jumat 22 September 2017.

Oven dan kompor

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Oven dan kompor memiliki peran penting di dapur Anda. Namun, karena sering digunakan, banyak noda yang menumpuk di permukaan oven dan kompor. Belum lagi, jika tercampur debu. Selain menghabiskan waktu, Anda akan kesulitan untuk membersihkannya.

Cara yang cepat adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka putih. Pertama pastikan oven dan kompor Anda dalam keadaan dingin dan tidak panas, lalu taburkan campuran dari baking soda dan cuka putih kepada oven dan kompor. Gosok perlahan dengan kain bersih, lalu gosok kembali dengan spons basah.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Bagian bawah pada panci

Bagian bawah panci biasanya akan berubah warna menjadi hitam. Tentu, ini akan membuat panci ampakt kusam dan tidak enak dilihat. Anda tidak perlu khawatir, karena campuran baking soda dan cuka putih juga dapat Anda gunakan untuk membersihkannya.

Cara ini, juga bisa Anda lakukan untuk membersihkan karat pada keran dan benda-benda lain.

Pemanggang roti

Pemanggang roti adalah salah satu alat masak yang paling jarang dibersihkan. Padahal, di kedua sisinya banyak tersisa remah-remah roti yang Anda panggang. Itu bisa mengundang datangnya tikus dan kecoak di dapur.

Beras merupakan cara mudah dan efisien untuk membersihkan sisa remah-remah roti dari pemanggang Anda. Masukkan beberapa butir beras ke dalam pemanggang roti, lalu pegang dengan erat kedua sisi pemanggang roti tersebut, kemudian guncangkan. Remah-remah roti akan terjatuh mengikuti butiran beras tersebut.

Saluran pembuangan

Saluran pembuangan tempat mencuci piring akan mudah tersumbat, apabila tidak rutin dibersihkan. Cara mudahnya adalah dengan menaburkan dua sendok makan baking soda di saluran pembuangan tersebut lalu diamkan selama satu jam.

Kemudian, beri dua sendok makan cuka putih lalu diamkan kembali selama satu jam. Setelah itu, Anda dapat membilasnya menggunakan air panas dan sisa dari makanan yang menyumbat pun akan mengalir turun. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya