Mengejutkan, Terung Ternyata Mengandung Nikotin

Ilustrasi terung
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –Terung dikenal sebagai buah yang sering diolah menjadi beraneka ragam jenis masakan. Jika diperhatikan, terung memiliki butir biji-bijian di dalamnya. Biji ini juga tidak mungkin dipisahkan satu per satu sebelum daging terung dilahap. Ya, kita mengonsumsi terung bersamaan dengan bijinya.

Kerap Dianggap Gulma, Takokak Ampuh Obati Asam Urat yang Menyakitkan

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dalam biji terung terdapat kandungan nikotin, senyawa adiktif yang terdapat dalam rokok? Begitulah dilansir laman Daily Meal.

Seperti diketahui, nikotin adalah stimulan, dapat memacu adrenalin jika dikonsumsi. Selain itu, nikotin juga memicu produksi dopamin atau 'hormon bahagia' dalam tubuh.

Ternyata Terung Bisa Melawan Kolesterol Jahat

Dikatakan pula bahwa setiap satu gram terkandung 100 nanogram nikotin. Namun, kadar nikotin dalam terung masih terbilang aman dan tidak akan membuat kecanduan kecuali Anda mengonsumsi satu ton terung.

Menurut studi tahun 1993, 10 gram terung diklaim memiliki kadar nikotin yang dihirup oleh perokok pasif. Tidak banyak memang dan tidak berbahaya karena bahaya yang mengancam perokok pasif berasal dari pembakaran tar dan senyawa kimia lain pada rokok.

Ragam Ide Seru Mengolah Terung jadi Hidangan Lezat

Lagipula, studi tersebut juga menyebutkan bahwa butuh konsumsi 20 pounds terung untuk dapat merasakan sensasi nikotin 'rokok' melalui tanaman tersebut.  

Sambalado Terung Campur Petai

Sambalado Terung Campur Petai, Mantul Banget di Lidah

Sambalado berasal dari tanah Minangkabau.

img_title
VIVA.co.id
7 Oktober 2019