Gurihnya 'Sekol' Nasi Madura ala Bu Rudy di Surabaya

Nasi Madura Rumah Makan Bu Rudy
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Rumah makan Bu Rudy bertebaran di banyak daerah di Jawa Timur, terutama di Surabaya dan Malang. Macam-macam menu ditawarkan di rumah makan ini, dan yang baru adalah menu Nasi Madura.

Terungkap, Ini Menu Makanan Sunda Favorit Chef Renatta

RM Bu Rudy terkenal karena dua hal, sambal bawang dan masakan serba empal paru gorengnya yang gurih, renyah, dan nikmat. Selain empal, kelapa parut goreng juga selalu tercampur pada hampir setiap menu masakannya.

Menu baru Bu Rudy, Nasi Madura, ini menyajikan semangkuk nasi, irisan daging, empal paru sapi, mie, segenggam kelapa parut, rempeyek udang, dan sesendok sambal mangga muda. Kecuali, nasi dan sambal mangga muda, semua lauknya serba goreng.

Sambut Tahun Baru Beragam Makanan Jadi Simbol Harapan

Rumah makan Bu Rudy

Kenikmatan Nasi Madura Bu Rudy tak diragukan lagi. Satu hal yang unik dari menu Nasi Madura ala Bu Rudy ini, adalah kelapa parut goreng. Di Madura, terutama di Kabupaten Sumenep, kelapa parut goreng itu disebut 'sekol'.

"Super Jorok" 5 Nama Menu Tradisional Ini Gak Kalah Heboh dari Klepon

Sekol bikinan Bu Rudy tak jauh beda dengan sekol bikinan warga Madura. Ada rasa manis di lidah bercampur dengan kegurihannya.

Biasanya di Madura, sekol tak pernah absen dari jamuan kala hajatan digelar warga. Sekol menu pelengkap yang diperhitungkan.

Tentu saja, yang paling berkesan di lidah dari semua menu Bu Rudy adalah sambal bawangnya. Di rumah makan ini, sambal bawang disajikan dalam botol kecil, dan ada di setiap meja makan. Sambal Bu Rudy juga dijual di pasaran untuk Anda yang ingin menikmatinya di rumah.

"Bukan Bu Rudy kalau makan di sini tidak ada sambal bawangnya," kata Nurul Arifin, pengunjung di RM Bu Rudy cabang Jalan  Raya Anjasmoro Surabaya, Jawa Timur, Rabu 4 Oktober 2017.

Rumah makan Bu Rudy

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya