Begini Cara Benar Menyeduh Teh Supaya Lebih Enak

Ilustrasi teh
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Menyeduh dan menikmati teh memang terlihat mudah. Namun, jika menilik kepada aturan atau tata cara penyajian teh, sekitar 80 persen orang menikmati dan menyajikan teh dengan cara yang salah.

Ternyata Begini Cara Menyeduh Teh yang Benar

Dilansir dari Daily Mail, angka tersebut didapat dari studi yang dilakukan oleh British Science Week pada 2015 lalu terhadap 1.000 orang penikmat teh. Sekitar 80 persen tidak sabar menunggu teh tercampur sempurna dengan air sehingga tidak mendapatkan cita rasa terbaik dari teh tersebut.

Hanya 16 persen yang menyeduh teh sesuai durasi yang disarankan, yaitu 2-5 menit, tergantung pada jenis teh. Hampir 50 persen orang membiarkan teh menjadi dingin terlebih dahulu setelah diseduh.

Bagaimana Menyeduh Teh Agar Memiliki Rasa yang Sempurna?

Lalu bagaimana cara menyeduh teh yang benar? Sama seperti yang telah disebutkan di atas, Fransiska Herlan Christin, selaku Store Manager Amausaan Uji Matcha Jakarta mengatakan, sebaiknya teh diseduh selama 2 hingga 4 menit. Hal ini dilakukan agar Anda mendapat cita rasa asli teh yang diseduh.

"Kalau tidak demikian, rasa asli teh tidak keluar," kata dia saat ditemui di Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2017.

Hati-hati, Minum Teh Panas Picu Risiko Kanker Tenggorokan

Dia melanjutkan, jika terlalu lama menyeduh, teh akan terasa pahit. Tak hanya itu, kadar kafein teh, kata Fransiska, akan semakin meningkat.

Kedua, gunakan air bersuhu 92-97 derajat celsius untuk menyeduh teh. Suhu ini sebenarnya bisa bebeda tergantung dari jenis teh.

Mengutip Daily Mail, teh hitam disedu dengan air bersuhu di tas 95 derajat celsius. Untuk teh hijau, disarankan menggunakan air bersuhu 74 hingga 85 derajat celsius. Sementara teh Oolong sebaiknya disajikan dengan suhu 85 derajat celsius. Sedangkan teh herbal pada suhu 95 derajat celsius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya