RESEP: Steak Rawon ala Chef Revo, Remaja 14 Tahun

Steak Rawon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA.co.id – Menu steak biasanya diolah dengan bumbu dan cita rasa khas kebarat-baratan. Namun ternyata, steak juga bisa disulap dengan rasa khas Indonesia.

Maia Estianty Puji Makanan di Resto Rey Utami, Nilainya 11

Saat menghadiri program acara Jelajah Gizi 2017 bersama Nutricia, Sabtu, 14 Oktober 2017, Chef Revo ikut hadir dalam acara tersebut. Remaja berusia 14 tahun ini memberikan resep spesial bagaimana mengolah daging menjadi steak dengan olahan bumbu rawon.

Resep Steak Rawon

Kontribusi pada Ekosistem Halal, Waroeng Steak & Shake Raih Penghargaan dari LPPOM MUI

Bahan

Daging has luar (sirloin) dengan ketebalan 1-1,5 inchi
Tepung roti
Telur asin
Minyak goreng
Butter

Pecinta Steak Jangan Cuma Tau Wagyu, Ada Black Angus yang Gak Kalah Lezat

Bumbu

Bawang putih, bawang merah, kluwek,  kunyit, jahe, ketumbar, lada, perasan jeruk (haluskan) lemon, daun jeruk, sereh, garam, gula.

Cara membuat

1. Balurkan bumbu yang telah dihaluskan pada daging, tambahkan perasan jeruk nipis, garam, dan gula, ratakan.

2.Panaskan minyak goreng lalu masak daging yang telah dibalur dengan bumbu ditambah daun jeruk dan sereh. Masak sambil dibolak-balik hingga tingkat kematangan medium rare. Agar lebih wangi bisa tambahkan butter saat proses pematangan daging. Setelah matang, angkat.

Topping

Masak tepung roti dengan sedikit minyak goreng dan sisa bumbu yang dihaluskan, tambahkan parutan telur asin, masak hingga terasa chrispy.  

Penyajian

Letakkan steak yang sudah matang di atas piring saji, siram dengan topping tepung roti yang sudah diolah dengan telur asin. Taburi dengan irisan tipis daun bawang di atas steak. Sajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya