Enggak Nyangka, Nama Pepsi Berasal dari Penyakit

Pepsi.
Sumber :
  • Pixabay/sr_verde

VIVA – Pepsi, merek minuman ini sudah menjadi salah satu ikon budaya populer global. Hadir sejak 120 tahun lalu, Pepsi cukup jadi pesaing berat minuman ringan sejenis, Coca Cola.

Minuman Soda Tanpa Kandungan Gula dan Kalori, Banyak Disuka Gen Z

Tidak hanya itu, ada sejumlah fakta menarik seputar Pepsi yang perlu Anda tahu. Berikut fakta lainnya seputar minuman soda ini, seperti dilansir dari laman Mental Floss, Kamis, 2 November 2017.

Dulunya diberi nama Brad's Drink

Cara Beda Ikut Keseruan Piala Dunia Lewat Kemasan Minuman Ringan

Penemu Pepsi-Cola adalah pria asal North Carolina, Amerika Serikat, bernama Caleb Davis Bradham. Pada tahun 1982, Bradham mulai menjual Brad's Drink di tokonya. Minuman tersebut berupa campuran gula, air, karamel, minyak lemon, pala, kacang kola dan bahan lain.

Lima tahun kemudian, Bradham mengubah nama minumannya menjadi Pepsi Cola karena minuman ini dipercaya dapat mengatasi dispepsia atau maag.

Awas, Sering Minum Soda Bisa Bikin Susah Punya Anak

Minuman ringan pertama dengan kemasan botol 2 liter

Pada 1970, seorang investor bernama Nathaniel Wyeth mengembangkan botol polyethylene terephthalate. Bobotnya lebih ringan ketimbang kaca, tidak mudah pecah dan tidak memengaruhi rasa cairan di dalamnya. Pada 1976, Pepsi menjual minumannya dengan botol ini dengan ukuran lebih besar.

Punya varian aneh yang jarang terdengar

Seperti merek raksasa minuman lain, Pepsi juga bereksperimen dengan berbagai formula untuk memuaskan pasar. Merek ini pernah mengeluarkan beberapa varian yang dikeluarkan dalam waktu terbatas. Di Jepang, varian Pepsi yang pernah dijual adalah rasa kacang Azuki (kacang merah kecil), susu stroberi, daun shishu, mentimun, buah pohon baobao, yogurt dan semangka asin.

Merek pertama beriklan melalui skywriting

Pada 1932, Pepsi mempekerjakan seorang pilot bernama Andy Stinis untuk menulis 'Pepsi' di langit di beberapa kota di Amerika Serikat. Beberapa tahun setelahnya 14 skywriter bekerja untuk Pepsi. Pada tahun 1940, sekitar 2.225 iklan sudah ditulis di langit Negeri Paman Sam, Meksiko, Kanada, Cuba dan Amerika Selatan.

Punya 11 logo berbeda selama 122 tahun berdiri

Logo ikonik Pepsi saat ini baru diresmikan pada tahun 1950-an. Pada tahun 1960, kata 'Cola' yang ada pada merek Pepsi dihilangkan dari logo tersebut. Sebelumnya Pepsi diberi logo pertama kali tahun 1890-an dengan nama Pepsi Cola dengan tulisan berwana merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya