5 Superfood Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

Buah beri
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Istilah superfood disandangkan pada makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Dengan menambahkan lebih banyak makanan super, Anda dapat memaksimalkan vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat yang dikonsumsi anak-anak. Perlu Anda ingat bahwa perkembangan kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh kecukupan nutrisi dari makanan.

Negara Terkaya di Asia sampai Tempe yang Merupakan Superfood

Sebagai inspirasi Anda, berikut ini beragam superfood seperti dilansir dari laman Parents.com, Senin, 11 Desember 2017.

Buah beri

Ahli Gizi Sebut Tempe adalah Superfood, Orang Indonesia Harus Bangga

Buah beri

Buah beri bisa disebut sebagai sumber nutrisi, penuh vitamin dan antioksidan. Buah ini juga membantu memenuhi kuota serat anak-anak, terutama jika ia kurang asupan serat dari sayur atau buah.

Sering Dikeluhkan di Wajah, Dark Spot Juga Bisa Muncul di Badan

Gandum
Oatmeal memiliki manfaat untuk energi tahan lama, serat, zat besi, dan protein. Kreasikan hidangan Anda dengan menambahkan buah segar, kering, atau beku, kacang-kacangan atau mentega kacang, madu, sirup maple, atau gula merah. Lebih baik lagi, siapkan topping di meja dapur Anda dan biarkan anak-anak membuat ramuan oatmeal mereka sendiri.

Ikan dan aneka makanan laut

Ikan salmon

Ikan adalah sumber utama DHA, asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam perkembangan otak. Jika anak kurang berminat pada ikan salmon atau tuna segar, cobalah variasi seafood kalengan atau udang untuk rasa lebih ringan dan tekstur yang lebih lembut. Panggang ikan menjadi casserole atau gunakan dalam pasta salad. Cara lainnya, potong ikan hingga berukuran kecil-kecil dan goreng bersama tepung. Ini akan membuat anak menikmati semua kebaikan ikan dengan lahap.

Selai kacang

Roti selai kacang

Makanan satu ini kerap mendapat reputasi buruk. Padahal ia bisa jadi makanan pokok dan layak dapat julukan makanan super. Dua sendok makan selai ini mencukupi hampir setengah dari kebutuhan protein anak balita, selain magnesium, vitamin B, dan lemak sehat. Demikian pula dengan selai almond, jambu mete, dan walnut.

Yoghurt kosong

Yoghurt polos adalah makanan super dari golongan produk turunan susu. Makanan ini penuh dengan bakteri baik, protein, dan kalsium yang menguntungkan. Semua nutrisi baik yang dibutuhkan anak-anak untuk menjaga tubuh kecil mereka tetap sehat. Jangan tertipu untuk membeli yogurt "ramah anak" dengan tambahan gula atau buah murni. Ia sering lebih mahal dan sarat dengan gula, dan berpotensi menimbulkan bau mulut.


 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya