Menikmati Segarnya Dawet Khas Solo di Pasar Gede

Dawet Telasih Bu Dermi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Di salah satu sudut Pasar Gede, Solo, terselip satu tempat berjualan dawet yang cukup legendaris. Dawet Telasih Bu Dermi, yang sudah berjalan hingga tiga generasi punya dawet khas Solo yang rasanya nikmat.

Resep Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara, Gula Merah, Santan, Nangka Jadi Satu

Tapi ketika datang ke sini, Anda harus rela berdiri di gang sempit pasar atau duduk di bangku kecil di sisi tempat berjualan. Meski begitu, jangan putus asa dahulu, karena begitu Anda menyeruput dawet yang disajikan di dalam mangkuk kecil, Anda akan langsung tersihir dengan rasanya yang manis dan dingin menyegarkan.

"Dawet ini semua pakai bahan alami, memang tidak tahan lama tapi aman untuk dikonsumsi," ujar Ruth Tulus Subekti, penerus ketiga Dawet Telasih saat ditemui di Pasar Gede, Solo, Jumat, 15 Desember 2017.

Kuliner Khas Solo Bakal Manjakan Penonton Konser Dream Theater

Tak hanya itu, wanita yang biasa disapa Mba Uti ini juga mengungkapkan, semua bahan dawet yang digunakan asli buatan sendiri. Resep yang digunakan juga resep yang sudah diturunkan dari neneknya.

Warung Dawet Telasih Bu Dermi

Sosok Penjual Es Dawet yang Viral Dukung Jokowi Tiga Periode

Hal lain yang membedakan dawet Bu Dermi dengan dawet lainnya adalah campuran dawet yang diberi bubur sumsum, tape ketan, dan selasih. Tidak seperti dawet lainnya, dawet khas Solo tidak menggunakan gula jawa, melainkan gula putih biasa.

Dawet Telasih Bu Dermi mulai buka sejak pukul 08.00 dan tutup sekitar pukul 15.00 WIB. Harga seporsinya Rp8.000 bila tidak menggunakan tape ketan, dan Rp9.000 jika menggunakan tape ketan.

Salah satu menu resepsi Kaesang-Erina, Tengkleng Pasar Klewer

Intip Menu Resepsi Kaesang, Ada Es Dawet Telasih dan Tengkleng Pasar Klewer Kesukaan Jokowi

Pernikahan ini layaknya festival budaya. Menu kuliner yang bernuansa Nusantara, memanjakan tamu dengan aneka kuliner tradisional khas Solo terhidang pada hajatan kali ini

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2022