Jangan Sembarangan saat Masak, Waspada Kontaminasi Silang

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Nutrisi dalam tubuh berasal dari makanan. Jika diolah dengan baik, maka kandungan nutrisi yang masuk bisa lebih maksimal.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Tetapi jika diolah asal-asalan, bukannya bikin sehat malah berisiko menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, ada baiknya simak tips menyiapkan makanan berikut yang diberikan oleh Nestle kepada VIVA.

-Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum mempersiapkan dan mengolah makanan.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Cuci tangan adalah wajib untuk yang megang bahan pangan siapa pun dia, kapan pun saat akan memegang makanan. Harus dibiasakan," kata Prof. Dr. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST Center IPB di Jakarta, Rabu, 20 Desember 2017.  

-Sayur dan buah wajib dicuci dengan air mengalir tanpa menggunakan sabun atau detergen (bahkan untuk buah yang kulitnya akan dikupas). Bersihkan buah dan sayur dari tanah yang menempel.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

-Mencuci daging merah dan unggas sebelum dimasak tidak disarankan karena bakteri yang terdapat di dalamnya dapat menyebar ke perkakas dan permukaan dapur atau kontaminasi silang.

-Gunakan talenan dan pisau berbeda untuk sayuran dan buah dengan daging, unggas dan makanan laut. Alasannya sama, untuk menghindari kontaminasi silang antar makanan. 

-Jangan pernah menggunakan ulang alat makan atau alat masak bekas daging, unggas dan makanan laut yang belum dimasak, untuk daging, unggas dan makanan laut yang sudah dimasak.

"Pisahkan antara bahan baku mentah dengan makanan yang sudah dimasak. Jangan sampai kontak karena akan menyebabkan kontaminasi silang. Bahan mentah selalu membawa mikroba," ujar dia.

-Segera cuci alat masak, talenan dan alat makan segera setelah selesai digunakan untuk mengolah atau menempatkan daging, unggas, dan makanan laut mentah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya