4 Hidangan Pedas Manado yang Nyelekit di Lidah

Garo atau tumis bunga pepaya.
Sumber :
  • beautika.net

VIVA – Bagi Anda pencinta cita rasa pedas, rasanya tidak lengkap jika belum pernah mencicipi hidangan khas Manado. Kuliner Manado memang terkenal dengan cita rasanya yang berani dan rasa pedas yang membakar lidah. Lalu, apa saja hidangan yang wajib dicoba?

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Berikut ini adalah beberapa di antaranya, menurut Indonesia.travel, situs milik Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Selasa, 26 Desember 2017.

Tinu'tuan

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Tinu’tuan atau yang akrab disebut dengan bubur Manado ini memiliki perpaduan dari bubur nasi yang dicampurkan dengan irisan labu, ubi jalar, jagung manis dan sayuran seperti bayam atau selada. Yang membuat berbeda dari bubur yang lainnya adalah lauk pendamping yang berupa sambal dabu-dabu dan kue ikan yang disebut dengan nike. Tinu'tuan ini merupakan salah satu hidangan yang menjadi favorit penduduk setempat untuk dinikmati kapan pun sepanjang hari.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Ayam rica-rica

Ketika berada di Manado bersiaplah untuk menikmati sajian yang berlabel rica-rica pada setiap menu hidangan, di mana kata rica-rica berarti pedas dan panas. Bumbu rica-rica ini biasanya terbuat dari tomat segar, cabai, bawang putih, bawang merah, dan jahe yang dimasak dengan minyak kelapa.

Saus rica-rica juga umum dijadikan bumbu untuk ikan bakar, daging, ayam, hingga beragam makanan laut. Hidangan rica-rica yang paling populer adalah ayam rica-rica karena memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang memikat lidah.

Garo bunga pepaya

Selain masakan menggunakan ikan dan daging, ada pula olahan sayuran khas Manado yang sehat, yaitu garo bunga pepaya. Garo berarti ‘dicampur’ dan bunga pepaya adalah kuncup bunga pepaya. Garo atau tumis bunga pepaya ini merupakan hidangan pedas degan sedikit rasa pahit.

Cakalang fufu

Manado juga memiliki industri perikanan yang cukup baik. Karenanya, beragam hidangan boga bahari ada di sana, salah satunya adalah cakalang fufu. Ini adalah suwiran daging ikan tuna asap yang ditumis dengan bumbu pedas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya