12 Cabai di Dunia, Ada yang Pedasnya Enggak Masuk Akal

Cabai.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ada banyak sekali jenis varian cabai yang ada di seluruh dunia. Setiap cabai punya tingkat kepedasan berbeda.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Di bawah ini adalah beberapa jenis cabai mulai dari yang rasanya masih bisa ditolerir hingga yang bikin Anda hampir mati kepedasa. Ranking ini dibuat berdasarkan skala kepedasan Scoville. Berikut ini di antaranya, di lansir dari laman She Knows, Kamis 28 Desember 2017.

Paprika

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Warna beragam, merah, kuning, hijau dan oranye. Paprika tidak termasuk pedas, tetapi cenderung manis. Jadi, skala Scoville-nya nol.

Paprika/ilustrasi mencuci sayuran.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Cherry Pepper

Cabai ini juga terkenal dengan nama pimento pepper. Bentuknya seperti hati dengan panjang dan lebar mencapai 10 sentimeter. Skor kepedasan cabai ini adalah 500 Skala Scoville.

Anaheim Pepper

Cabai ini biasanya berwarna merah marun. Bentuknya panjang dan kurus. Indeks kepedasannya berkisar antara 1.000 hingga 5.000 Skala Scoville. Cabai ini rasanya tidak terlalu pedas.

Jalapeno

Cabai ini umum dikonsumsi di Amerika Serikat, karena rasa pedasnya yang masih bisa diterima banyak orang di sana. Cabai ini berwarna oranye atau hijau dengan panjang 5 - 8 sentimeter. Nilai kepedasannya berada di antara 2.000 hingga 8.000 Skala Scoville.

Serrano

Bentuknya mirip jalapeno, tetapi rasanya lebih pedas. Indeks kepedasannya antara 10 ribu-25 ribu Skala Scoville. Ukurannya cenderung kecil. Makin kecil, makin pedas rasa cabai ini.

Cayenne

Ini cabai yang umum ada di Indonesia. Scoville memberi indeks 25 ribu hingga 50 ribu untuk cabai ini. Tidak hanya untuk konsumsi makanan, cabai ini juga digunakan sebagai obat.

Tobasco

Scoville memberi indeks 30 ribu hingga 60 ribu untuk cabai yang satu ini. Biasanya dijual sudah dalam bentuk kemasan yang Anda temui di restoran. Bentuk aslinya, cabai ini berukuran pendek, lima sentimeter dengan warna merah, hijau, oranye dan kuning.

Cabai Thailand

Ini merupakan salah satu cabai paling kecil yang ukurannya tak lebih dari tiga sentimeter. Indeks kepedasan cabai ini ada di angka 50 ribu hingga 100 ribu Skala Scoville. Siapkan segelas susu saat mengonsumsi cabai ini karena rasanya sangat pedas.

Rocoto Pepper

Bentuk dan ukurannya mirip paprika hanya saja rasanya sangat pedas. Indeksnya 100 ribu hingga 250 ribu Skala Scoville.

Habanero Chili Pepper

Cabai yang satu ini dikenal sebagai salah satu yang terpedas. Warnanya bisa hijau, kuning hingga merah jambu dengan ukuran mendapai tiga sentimeter. Tapi kecil-kecil, pedasnya bisa bikin pusing. Indeksnya mulai 150 ribu hingga 350 ribu Skala Scoville.

Ghost Pepper/Naga Jolokia

Cabai ini sempat dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia tahun 2006 oleh Guiness Book of World Records. Indeks kepedasannya mencapai 1.000.000 Skala Scoville. Hati-hati saat menyentuh cabai ini, karena satu biji cabai saja bisa bikin Anda kepedasan hingga 30 menit.

Carolina Reaper

Inilah cabai terpedas di dunia yang menggantikan Ghost Pepper. Cabai ini dikembangkan oleh The PuckerButt Pepper Company, Amerika Serikat. Indeks kepedasannya mencapai 1.569.300 Skala Scoville pada 2012 lalu. Hati-hati dengan cabai ini!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya