6 Sayuran Ini Justru Makin Menyehatkan Saat Dimasak

Ilustrasi wortel.
Sumber :
  • Pixabay/ahik

VIVA – Banyak yang percaya kalau tumbuh-tumbuhan lebih baik dikonsumsi mentah. Cara ini diklaim baik untuk mempertahankan kandungan nutrisi pada tumbuhan.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Tapi bukan berarti memasak atau mengolah makanan akan membuatnya jadi buruk. Beberapa makanan di bawah ini justru makin sehat jika dimasak, karena nutrisinya menjadi lebih banyak. Yuk disimak daftarnya, dilansir dari laman She Knows, Kamis, 28 Desember 2017.

Tomat

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Dengan dimasak, kadar likopen tomat meningkat. Vitamin C pada tomat memang hilang, tapi Anda bisa gantikan dengan menyandingkan tomat dan brokoli.

Untuk kebanyakan sayur, sebenarnya cukup direbus sebentar saja secara utuh atau dipotong sedikit terlebih dulu. Jangan lupa tambahkan lemak baik dari minyak zaitun, walnut atau alpukat untuk memaksimalkan penyerapan vitamin dan mineral sayur.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Wortel

Dengan dimasak, kadar betakroten wortel akan meningkat, lho. Antioksidan ini sangat berguna untuk memenuhi asupan vitamin A tubuh.

Wortel.

Bayam

Sayuran ini akan mengecil saat dimasak. Artinya Anda bisa makan lebih banyak bayam tanpa merasa eneg. Saat direbus, asam folat bayam menjadi lebih banyak. Ingat, merebusnya jangan terlalu banyak.

Asparagus

Sayuran kaya serat ini punya banyak nutrisi. Nutrisi ini akan diserap lebih baik oleh tubuh jika sayur ini dimasak terlebih dahulu. Seperti halnya tomat, asparagus punya lapisan sel yang tebal dan perlu diurai dengan suhu panas agar nutrisinya dapat diserap tubuh.

Asparagus.

Kale

Saat dimasak, Anda akan mendapatkan lebih banyak kandungan penurun kolesterol dalam kale. Tapi jangan dimasak terlalu berlebihan.

Brokoli

Mau bagaimana pun cara konsumsinya, brokoli memiliki nutrisi yang baik buat tubuh. Jika dimakan mentah, Anda mendapat kandungan sulforaphne yang baik untuk mengatasi bisul dan membunuh sel kanker. Jika dimasak, brokoli menghasilkan senyawa yang juga membantu membunuh sel penyebab kanker.

Brokoli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya