Intip Kafe Pertama di Vietnam yang Gunakan Pelayan Robot

Robo Cafe.
Sumber :
  • Facebook ROBO CAFE

VIVA – Seiring dengan kemajuan teknologi, makin banyak profesi yang tergantikan oleh robot. Salah satunya ialah profesi pelayan di restoran. Seperti pelayan di Robo Cafe, sebuah restoran pertama di Vietnam yang menggunakan robot sebagai pelayan.

Kafe Unik di Pegunungan, Tawarkan Pemandangan dan Nuansa Tropis yang Menawan

Robot unik itu bernama Mortar. Tugas dari robot ini ialah untuk melayani dan mengantarkan minuman kepada para pengunjung. Pada bagian wajahnya, Mortar juga dilengkapi dengan layar sentuh, yang memungkinkan pengunjung memilih pesanan. Tapi sayangnya, Mortar tidak bisa mengambil minuman yang dibawanya sendiri.

"Robot ini bisa bekerja 8-16 jam tanpa komplain," ucap Tran Thi Lin, dikutip dari AJ Plus, Rabu, 3 Januari 2018.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Mortar sendiri dibuat oleh salah satu pendiri Robo Cafe. Ia menghabiskan kurang lebih sembilan bulan untuk merancang dan menciptakan Mortar. Robot ini lantas dihidupkan dengan tenaga Android, dan bisa memiliki ekspresi wajah pada layar sentuh di bagian kepala.

"Kami berharap robot ini akan lebih bersahabat dengan para pelanggan, dan bisa lebih fleksibel pada bagian tangannya, dan bisa mengucapkan lebih banyak bahasa," kata Do Trung Thanh, pembuat Mortar.

Restoran di Tengah Sungai, Makan Enak Ditemani Ikan

Dia juga berharap makin banyak orang yang tahu tentang Mortar. Ia juga berharap pengunjung kafenya puas dengan pelayanan si robot ciptaannya.

Ilustrasi kucing berbulu putih atau kucing putih.

Gila! 300 Kucing Dibunuh dalam Sebulan untuk Disantap, Restoran Ini Ditutup

Sebuah restoran yang menenggelamkan tiga ratus kucing setiap bulannya untuk menyuburkan perdagangan daging yang kejam di Vietnam telah ditutup untuk selamanya. Kok bisa?

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023