10 Kuliner Halal Selandia Baru Wajib Coba (Bagian II)

Fish and chips di Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Selandia Baru terkenal dengan hidangannya yang terbuat dari bahan-bahan segar. Selain daging domba dan sapi, penduduk di sana juga banyak menyantap olahan seafood alias boga bahari.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Saat VIVA berkesempatan mengunjungi Selandia Baru untuk memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ) baru-baru ini, kami mencicipi sejumlah hidangan lokal yang lezat. Beberapan juga dipengaruhi oleh budaya Inggris karena banyak orang Inggris yang dulu pindah untuk tinggal di Selandia Baru. Salah satunya adalah fish and chips.

Berikut adalah 10 kuliner khas Negeri Kiwi yang wajib Anda coba.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

Fish and chips

Karena merupakan negara jajahan Inggris, jadi Selandia Baru juga memiliki sejumlah tempat yang menyajikan fish and chips yang lezat. Sebagai informasi, hidangan ini merupakan hidangan khas Inggris, terdiri dari ikan yang digoreng dengan balutan tepung, disajikan bersama kentang goreng serta mayonnaise. Di sini fish and chips juga tidak melulu terbuat dari ikan dori, melainkan ikan laut lain yang punya daging tebal dan lembut.

TNI Sebut Selandia Baru Serahkan Pembebasan Pilot Susi Air ke Indonesia

Salmon

Selama ini ikan salmon yang terkenal berasal dari Norwegia. Namun, jangan remehkan cita rasa salmon Selandia Baru yang tak kalah lezat. Biasa disajikan secara mentah atau setengah matang, salmon di sini benar-benar segar, dengan daging yang sedikit manis dan berlemak. Orang Kiwi juga biasa menyantap salmon dalam keadaan dingin, bersama keju, acar timun dan buah zaitun.

Hidangan dingin di Selandia Baru, salah satunya daging salmon.

Tiram

Banyak orang yang umumnya tidak tahan dengan aroma serta rasa amis tiram. Itu karena tiram memang biasa disantap dalam kondisi mentah, dengan tambahan air perasan jeruk lemon saja. Tapi di Selandia Baru, tiramnya benar-benar disajikan dalam kondisi segar jadi dijamin tidak berbau amis. Saat VIVA mencicipi tiram di salah satu restoran di Auckland, cita rasa tiram di sini begitu lembut, dagingnya pun tebal.

Tiram Selandia Baru.

Hangi

Yang satu ini adalah kuliner tradisional Maori, suku asli Selandia Baru. Hangi adalah hidangan unik yang terdiri dari daging, mulai dari sapi, domba hingga ayam serta sayuran.

Disebut unik karena cara memasaknya yang dikubur di dalam tanah seharian penuh. Daging dan sayuran tadi juga biasanya diberi rempah, seperti rosemary untuk menambah cita rasa.

Anda bisa mencicipi hangi di Whakarewarewa, desa tradisional Suku Maori di Rotorua. Karena aktivitas vulkanik di bawah tanah kawasan tersebut membuat suhu panas tanahnya mematangkan hangi.

"Hangi juga tidak diberi garam sama sekali. Cita rasa alami daging dan sayuran sudah sangat lezat. Mengapa merusaknya dengan garam?" kata salah seorang warga desa yang juga menjadi pemandu wisata di sana.

Pavlova

Hidangan pencuci mulut yang manis ini ternyata berasal dari Selandia Baru. Terdiri dari meringue, whipped cream dan buah-buahan. Dessert ini benar-benar akan meleleh di lidah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya