Renyah dan Legit, Ini Roti Tisu yang Instagramable

Roti Tisu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Bentuknya kerucut, tinggi menjulang seperti menara. Mungkin bagi Anda yang hobi wisata kuliner, camilan berikut ini sudah tidak asing lagi.

Makan di Kafe Ini, Bayarnya Cuma Pakai Sampah Plastik

Namanya roti tisu, camilan asal India ini belakangan menjadi tren di kalangan warganet. Gambarnya berseliweran di media sosial Instagram. Bagaimana rasanya?

VIVA berkesempatan untuk mengunjungi salah satu restoran yang menyediakan menu ini di bilangan Depok Jawa Barat, tepatnya di Margo City Depok Lantai GF.

Kari Dalcha, Kuliner India yang Populer di Padang

Sesuai dengan namanya, roti tissue ini memiliki tekstur ringan, tipis dan crunchy. Sedangkan untuk tampilannya roti ini berbentuk kerucut layaknya topi penyihir seperti di film harry potter dan tingginya yang berkisar di atas 30 cm.

Salah satu karyawan yang ditemui VIVA di lokasi, menyebut menu roti tissue di Uncle K ini memiliki beberapa varian rasa mulai dari Sweet Roti Tissue, Milo Roti Tissue, Keju Roti Tissue, Durian Roti Tissue hingga Choco Roti Tissue.

Lezatnya Nasi Biryani Pasar Batipuh Padang, India Banget Deh

"Yang membedakannya hanya dari isiannya saja kalau sweet itu susu kental manis, kalau milo perpaduan susu kental manis dengan susu bubuk milo, kalau keju ada bubuhan keju di dalamnya, kalau durian nanti ada pasta durian di dalamnya," ungkapnya di Uncle K Margo City, Jumat 5 Januari 2018.

Dia menjelaskan untuk bahan pembuatan dari roti tisu ini cukup mudah mulai dari terigu, telur, garam dan gula. Dari bahan-bahan itu nantinya akan dibentuk adonan padat seperti adonan martabak telur.

VIVA pun berkesempatan melihat proses membuat roti tisu milo secara langsung di depan gerai. Mengingat dapur khusus untuk membuat roti tisu ada di bagian depan gerai sehingga membuat pengunjung bisa tahu bagaimana proses pembuatannya.

Pertama-tama adonan padat itu diberi minyak sebelum akhirnya dilipihkan seperti kulit martabak telur. Setelah pipih adonan kemudian dirapihkan di sisi kanan dan kiri membentuk persegi panjang.

Setelahnya adonan itu pun dimasukkan ke atas wajan datar yang panas. Dengan bantuan seorang petugas lainnya, adonan itu pun dimasukkan ke atas wajan. Adonan itu dimasak hingga matang dan mengering di bagian sisinya. Setelah itu, roti dibubuhi oleh susu kental manis dan susu bubuk milo sebelum akhirnya di gulung menyerupai kerucut. 

Crepes Renyah

Untuk rasanya bisa dibilang mirip dengan tekstur crepes renyah dan ada bagian yang tebal. Untuk perpaduan rasanya pun cukup seimbang antara gurih dari garam dan perpaduan manis dari susu kental manis dan susu bubuk milo. Roti ini pun nikmat dan menggoda untuk menemani waktu santai Anda. Roti ini pun cocok disajikan bersama dengan kopi, teh hangat atau bahkan ice cappucino.

Oh ya, sekadar tips untuk Anda ketika menyantap makanan ini. Ambillah bagian roti dari atas terlebih dahulu baru ke bawah, ini dimaksudkan agar roti ini tidak tumbang ketika Anda ambil dari sisi bawah terlebih dahulu. Serta pastikan Anda tidak datang sendirian ketika ingin menyantap ini. Pasalnya porsinya yang cukup besar dan sulit dihabiskan jika sendiri. Untuk seporsi roti tisu ini dihargai mulai dari Rp27.800 hingga Rp31.800. Harga yang cukup worth-it dengan rasanya.

Di sisi lain untuk, suasana restoran yang memiliki beberapa lokasi seperti di Medan, Lampung dan Bandung ini menawarkan konsep yang cukup cozy. Ini bisa dirasakan dari desain interiornya yang didominasi oleh kayu dan bata merah yang menempel di dindingnya.

Untuk menambahkan kesan nyaman mereka pun menaruh beberapa bunga dan menggunakan lampu bohlam yang digantung layaknya anting sehingga mempercantik suasana. Jadi lokasi ini cukup ciamik untuk Anda kongkow bareng kawan, keluarga atau kekasih. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya