Diciptakan Bawang Bombai yang Tak Bikin Nangis saat Diiris

Bawang bombai.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA – Selama ini, hampir setiap orang selalu mengeluarkan air mata, ketika mengiris bawang bombai. Hal ini terjadi karena ketika dipotong, bawang bombai mengeluarkan kandungan yang membuat mata iritasi.

Zaidul Akbar: Aneka Bawang Punya Khasiat Ajaib, Tapi Harus Dikonsumsi dengan Benar

Namun, setelah kurang lebih 30 tahun pengembangan, hadir sebuah bawang bombai yang diklaim tidak akan membuat Anda menangis ketika diiris. Bawang ini dikenal dengan nama sunion, yang merupakan bawang bombai yang lebih manis, lebih renyah dan lebih kecil.

Sunion adalah hasil dari pembiakan bawang bombai alami, yang berarti tidak ada modifikasi genetik yang terlibat dalam pengembangannya. Demikian dilansir dari The Independent, Kamis 11 Januari 2018.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Sebaliknya, bawang bombai jenis baru ini memiliki senyawa volatil yang rendah yang sering menyebabkan rasa pedas di mata dan membuat Anda menangis saat mengiris bawang bombai. Pada umumnya, kadar senyawa di yang terkandung dalam semua jenis bawang akan tetap stabil atau bahkan meningkat selama bawang disimpan.

Tetapi, tidak dengan sunion. Kadar senyawa volatil di dalamnya justru menurun, seiring bertambahnya waktu penyimpanan. Bahkan, hal ini memengaruhi rasa bawang menjadi lebih manis, lebih ringan, dan tanpa menimbulkan air mata saat dipotong.

Ternyata Bawang Lebih Mahal daripada Daging di Filipina

Bawang bombay ini baru akan tersedia di Amerika Serikat pada Maret 2018 mendatang, karena saat ini hanya tumbuh di Nevada dan Washington. Namun, Bayer, perusahaan di balik penciptaan bawang bombai varian baru ini memiliki rencana untuk memperluas distribusinya.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024