Apa Sih Bedanya Cappuccino, Macchiato dan Piccolo?

Kopi/cappuccino.
Sumber :
  • REUTERS/Noor Khamis/Files

VIVA – Seiring dengan perkembangannya zaman, tradisi minum kopi tidak hanya dilakukan oleh orang tua. Kini tradisi tersebut telah menjamur di kalangan generasi millennial.

Menguak Kepopuleran Kedai Kopi, Ini Tantangan dan Peluangnya

Dengan tingginya minat generasi millennial terhadap kopi, coffee shop atau kedai kopi pun melakukan serangkaian inovasi untuk mendapatkan rasa yang baru. Tak heran ketika Anda mengunjungi kedai kopi, sering menemukan beberapa varian kopi di luar kopi hitam. Sebut saja cappuccino, espresso, macchiato dan piccolo.

Lalu apa perbedaan kopi itu dengan kopi hitam pada umumnya yang sering kita jumpai? Barista dari Common Grounds Jakarta sekaligus pemenang Indonesia Barista Championship tahun 2017, Yoshua Tanu mengatakan bahwa letak perbedaannya berada pada campuran beberapa bahan selain kopi, seperti susu.

Tega! Ibu di Rohil Cekoki Anak Tiri Kopi yang Dicampur Racun Tikus

"Yang membedakan kopi modern itu adalah campuran susunya," ucapnya kepada VIVA saat ditemui di Artotel Jakarta baru-baru ini.

Mesin espresso.

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

Menurut dia, espresso merupakan jenis kopi yang sangat kuat kadar kopinya. Ini dikarenakan espresso menggunakan biji kopi murni tanpa campuran. Sehingga tidak perlu diragukan lagi bahwa kopi jenis ini sangat strong.

Sedangkan macchiato merupakan espresso yang diberi campuran susu. Untuk secangkir macchiato, takaran susunya adalah 1 shot (30 mililiter).

"Kalau cappuccino itu takaran susunya bisa 3 shot atau sekitar 90 mililiter. Sebenarnya cappuccino adalah kopi susu,” katanya.

Sedangkan untuk piccolo  adalah racikan kopi jenis ristretto dan susu. Hampir sama dengan kopi latte, namun piccolo jumlah campuran kopinya lebih banyak dari latte. Minimal jumlah campuran kopi dan susunya sama atau seimbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya