Tips Menyeduh Kopi Seenak Bikinan Coffee Shop

Ilustrasi kopi/kopi hitam.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics/Karolina

VIVA – Kopi menjadi salah satu minuman favorit sebagian besar masyarakat dunia. Tingginya minat masyarakat terhadap kopi membuat kian banyak kedai kopi bermunculan. Menu kopi pun bertambah banyak, mulai dari kopi hitam hingga yang sudah dicampur berbagai bahan lainnya seperti susu, cokelat maupun teh hijau.

Tega! Ibu di Rohil Cekoki Anak Tiri Kopi yang Dicampur Racun Tikus

Banyak pula orang yang memilih untuk menikmati kopi di rumah atau kantor. Namun, tak jarang rasa kopi tersebut berkurang karena sejumlah kesalahan yang Anda lakukan saat membuatnya.

Jika Anda adalah salah satunya, ketahui beberapa tips dari barista Common Grounds Jakarta, Evelyn agar cita rasa kopi Anda senikmat kopi di kedai-kedai terkemuka. Kepada VIVA, dia menjelaskan, bahwa air yang digunakan untuk bisa memengaruhi rasa kopi.

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

"Sebenarnya kalau untuk seduh kopi bisa menggunakan air yang memiliki kandungan magnesium, kalsium, sodium dan yodium yang baik. Ini dikarenakan air dengan kandungan tersebut dapat memperkuat rasa dari si kopi," ucapnya saat ditemui baru-baru ini.

Dia pun menepis soal menggunakan air dengan suhu tinggi bisa memengaruhi perubahan cita rasa dari kopi.

Viral Sensasi Baru Kopi Daun Bawang Jadi Tren di Tiongkok, Gimana Rasanya?

"Sebenarnya enggak masalah, karena suhu yang cukup panas kadang-kadang bagus untuk kopi. Suhu rata-rata di 80 hingga 100 derajat (Celsius),” katanya.

Tak hanya itu, cara menyeduh kopi pun bisa memengaruhi cita rasa kopi. Dia pun menyarankan agar Anda memerhatikan secara langsung bagaimana cara barista menyeduh kopi saat berkunjung ke kedai kopi langganan.

"Sering baca dan lihat sendiri, karena itu agak sulit untuk dijelaskan," ujarnya.

Tips lain yang juga tak kalah penting adalah memilih biji kopi berkualitas dan usahakan untuk menggunakan biji kopi segar yang baru dipanggang dan haluskan sendiri. Jangan gunakan kopi kemasan atau kopi instan. Cara menyimpan biji kopi juga dapat memengaruhi cita rasa kopi.

"Simpannya harus kedap udara, jangan sampai ada udara masuk sehingga bisa memengaruhi kualitas biji kopi itu,” ujarnya menjelaskan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya