Ada Bakso Berkuah Rawon, Apa Rasanya?

Macam-macam menu Bakso
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Bakso menjadi pilihan makanan berkuah yang kenikmatannya tiada terkira. Bakso enak dimakan dalam kondisi apa pun, cuaca panas maupun dingin bakso selalu menggoda. Kini bakso semakin bervariasi seiring kemajuan zaman.

Bahaya Dibalik Nikmatnya Konsumsi Nugget, Sosis hingga Kornet Saat Sahur

Seperti di kedai Bakso Boedjangan di Jalan Ciliwung, Kota Malang, Jawa Timur. Terdapat banyak variasi menu bakso baru. Seperti bakso kuah rawon, bakso super pedas, keju, mozzarella, wagyu hingga urat.

Bakso Boedjangan memiliki kuah bakso yang berbeda. Kaldu yang lezat dalam kuah menyempurnakan bulatan daging bakso. Menu andalan mereka adalah bakso mozzarella.

5 Manusia Silver asal Sidoharjo Diamankan di Bali

Bakso mozzarella berbentuk bulat seperti bakso pada umumnya. Namun, saat dibelah menjadi dua, lelehan mozzarella yang kental terasa nikmat dan menggoda. Bakso mozzarela menjadi lebih beda saat dikombinasikan dengan kuah rawon.

"Baksonya inovatif, kuahnya pun inovatif. Kenapa rawon? Ternyata enak dan cocok. Rawon kan dari daging, kemudian kami kolaborasikan ternyata pas," kata Jelita Pramesti, Media Relations Bakso Boedjangan di Malang, Jumat, 12 Januari 2018.

Viral Emak-emak Pakai Logat Madura Jualan Bakso Kaki Lima di Mekkah

Sebenarnya ada tiga pilihan kuah, kuah kaldu tulang, kuah taichan, dan kuah pedas rawon. Kuah taichan dan rawon bisa diminta dengan level pedas yang berbeda mulai level 1 hingga level 3. Di Malang, kuah rawon menjadi yang terfavorit.

"Kami tahu ya, Malang itu gudangnya bakso. Tapi kami beda dengan bakso Malang. Kami pakai daging wagyu. Dari kuah juga beda. Kuah kaldu kami gurihnya beda. Dan kebetulan permintaan di Malang cukup besar," ujar Jelita.

Ia mengaku, bakso memang menjadi makanan favorit orang Indonesia. Namun, inovasi atau kreasi baru bakso dibutuhkan masyarakat agar tidak bosan. Mulai dari rasa, bahan, ukuran, dan kuah.

"Kami ingin mengusung makanan bakso yang inovatif. Orang-orang itu suka variasi. Kami kebetulan juga selalu mengeluarkan menu baru setiap enam bulan sekali. Harga yang kami jual di Malang, mulai Rp4 ribu hingga Rp26 ribu," papar Jelita.

Salah satu pengunjung asal Madura, Andik Hartik mengaku ada kenikmatan tersendiri saat membeli bakso wagyu berkuah rawon. Bakso wagyu dagingnya lebih terasa lembut, ditambah perpaduan kuah rawon rasa bakso menjadi lebih nikmat.

"Ini pertama, baksonya saja enak ditambah kuah rawon semakin terasa nikmatnya. Pertama tahu tertarik saja, kok ada bakso kuah rawon, terus saya pesan dan enak," kata Andik.

Selain menu bakso, tempat ini juga menyediakan menu mi instan dan aneka nasi. Selain itu, menu dingin disediakan aneka olahan durian, seperti es kelapa durian, hingga es durian kesepian yang menjadi menu minuman favorit pelanggan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya