Rekomendasi Resto Masakan Indonesia, Lezat dan Ramah Kantong

Salah satu menu di Restoran Sambara.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Makan di luar rumah telah menjadi gaya hidup tersendiri bagi masyarakat perkotaan, termasuk Jakarta. Tak heran semakin banyak restoran yang hadir.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Di tengah menjamurnya restoran yang menyajikan menu makanan kekinian, salah satu restoran, Sambara yang terletak di kawasan Cipete, Jakarta Selatan justru mengusung tema Authentic Indonesian Food yang sudah sangat lekat dengan lidah masyarakat Indonesia.

Restoran Sambara.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Manager Restoran, Hendy Hidayat menjelaskan pemilihan tema ini karena adanya permintaan pelanggan yang ingin mereka menyediakan menu makanan Indonesia. Awalnya, sebenarnya restoran ini mengusung konsep Sunda yang diterapkan secara menyeluruh melalui masakan, atmosfer, gaya, etika dan tingkah laku dalam melayani pelanggan.

"Kami melihat bahwa kalau kuliner itu enggak boleh monoton, karena orang kan mengikuti zaman. Ketika mereka datang, enggak mau makanan itu-itu saja dan ingin memilih yang lebih beragam lagi," ucapnya saat ditemui di Cipete, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Januari 2018.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Restoran Sambara.

Restoran yang mengubah konsepnya mulai Oktober lalu ini menyediakan menu buffet dan ala carte dengan resep yang diadaptasi dari warisan kuliner berbagai daerah di Indonesia, dengan sedikit sentuhan modifikasi.

Salah satu hidangan di Restoran Sambara.

Dari beberapa menu yang tersedia di restoran, kata dia, setidaknya ada empat menu andalan di restoran ini, mulai dari ikan patin bakar bambu, cumi goreng telur asin, ayam bakar bumbu roa dan ayam pandan.

Salah satu menu di Restoran Sambara.

Salah satu menu di Restoran Sambara.

"Yang spesial itu ikan patin bakar bambu karena dibakarnya menggunakan bambu yang sudah tua sehingga si ikan tidak berbau. Selain itu ayam pandan itu diadaptasi dari Thailand, kalau dicium itu wangi pandan sekali dan enak," jelasnya.

Salah satu menu di Restoran Sambara.

Salah satu menu di Restoran Sambara.

Dari sisi, desain interior restoran yang menyasar keluarga ini cukup cozy dengan adanya beberapa furnitur berbahan kayu yang terdapat di beberapa sisi. Selain itu ditambah dengan adanya taman-taman kecil di sekitar membuat tempat ini cukup menyenangkan untuk nongkrong.

"Bahkan ada beberapa pelanggan kita yang betah di sini, jadi setelah makan mereka enggak langsung pulang tapi malah nongkrong dan bisa pulang ketika makan malam," ucapnya.

Untuk menikmati beragam menu makanan di sini, Anda cukup merogoh kocek mulai dari Rp7 ribu hingga Rp65 ribu.

"Kalau untuk menu a la carte, kita start di harga Rp21 ribu hingga Rp65 ribu. Sedangkan kalau menu buffet kita mulai dari Rp7 ribu hingga Rp45 ribu," paparnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya