Belanja Wine Selandia Baru, Cuma Rp156 Ribu Per Botol

Soljans Estate Winery, Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Selandia Baru terkenal sebagai salah satu negara penghasil wine-wine berkualitas. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Selandia Baru, jangan lupa untuk mencicipinya. Bahkan, Anda juga bisa melakukan wine tasting.

Viral Video Putri Anne Dirangkul Pria Sambil Pegang Botol Wine

Seperti yang VIVA lakukan, saat berkunjung ke Selandia Baru, dalam rangka memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ) belum lama ini. Kala itu, kami diajak mampir ke sebuah tempat pembuatan wine terkenal. Tak hanya di Negeri Kiwi, namun di seluruh dunia.

Adalah NZWINEPRO, operator tur alias agen wisata yang mengajak kami ke sana, lewat tur bernama Auckland Wine Tours.

Wine Bukan Sekadar Minuman, tapi Sarat Sejarah

Ya, kami mengunjungi Soljans Estate Winery, tempat pembuatan wine bergengsi yang dimiliki oleh keluarga Soljans hingga tiga generasi sejak tahun 1937. Soljans adalah winery yang dioperasikan keluarga tertua ketiga di dunia.

Soljans Estate Winery berlokasi di dekat daerah tempat pembuatan wine di Auckland, Kumeu Wine Country.

Wine, Minuman Kelas Atas jadi Tren Gaya Hidup

Soljan Estate Winery, Selandia Baru.

"Di perkebunan anggur, kami menanam Pinot Gris, Chardonnay dan Pinotage, seluruh varietas yang cocok ditanam di daerah Kumeu," ujar salah satu pegawai di Soljans yang kami temui.

Ia juga mengatakan bahwa di Soljans, mereka menggunakan teknologi pembuatan wine modern. Namun, pihaknya tak pernah kompromi soal kualitas. Jadi, mereka masih mempertahankan sejumlah metode tradisional.

Salah satunya adalah Frend Oak Barrique Barrels, atau tong-tong dari kayu oak Prancis berusia 65 tahun yang digunakan untuk menyimpan wine.

"Sejarah sangat penting bagi kami dan kami berkomitmen untuk menjaga tradisi ini untuk pembelajaran bagi generasi yang akan datang," ucapnya menambahkan.

Soljan Estate Winery, Selandia Baru.

Di sini, mereka juga memproduksi berbagai varian wine biasa dan sparkling. Salah satu produk mereka, Soljans Estate Fusion Sparkling Muscat adalah sparkling wine Selandia Baru yang menerima paling banyak penghargaan, lho. Keren kan?

Yang mungkin akan membuat Anda kaget, meski berkualitas tinggi dan produksi winery bergengsi di dunia, seluruh produk wine di sini harganya jauh lebih murah daripada di Indonesia. Bahkan banyak yang tergolong murah.

Untuk sebotol Soljans Estate Fusion Sparkling Muscat yang telah menyabet sederet penghargaan internasional saja hanya dihargai sebesar NZ$16 atau sekitar Rp156 ribu.

Namun, bukan berarti tak ada produk yang harganya mahal. Harga seluruh wine di sini berkisar antara NZ$16 hingga NS$189 atau mulai dari Rp156 ribu sampai Rp1,8 juta.

Meski begitu, banyak juga yang harganya ramah kantong, yakni NZ$16 dan NZ$19 (Rp185 ribu).

Tapi Anda tak bisa memborong wine untuk oleh-oleh, karena jumlah minuman beralkohol yang bisa dibawa masuk ke Indonesia dibatasi yakni hanya 1 liter. Jika melebihi dari jumlah tersebut, tentu saja akan dikenakan Bea Masuk dan Pajak Impor.

Aneka wine di Soljans Estate Winery.

Tak hanya tempat pembuatan wine, Soljans Estate Winery juga memiliki restoran yang menyediakan deretan hidangan yang cocok disandingkan dengan wine. Dinamakan Soljans Cafe, restoran ini masuk ke dalam daftar 40  Restoran Terbaik di Auckland versi The New Zealand Herald.

Tak hanya itu, restoran tersebut juga  salah satu dari 20 Winery Restaurants Terbaik di Dunia.

Menariknya lagi, kebun anggur di tempat pembuatan wine ini juga bisa disewa sebagai tempat pernikahan. Menikah di area terbuka dengan pemandangan alam yang indah memang telah menjadi hal yang lumrah di Selandia Baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya