Rangsang Anak Gemar Membaca, Begini Triknya

Anak membaca buku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Membaca menjadi salah satu cara seseorang untuk mengenal dunia lebih luas. Selain itu, membaca buku pun bisa membuka dunia imajinasi anak untuk belajar mengeksplorasi emosi dan gagasan yang kompleks. Namun nyatanya kegiatan membaca sungguh sulit diterapkan.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Lalu apa yang harus dilakukan agar anak gemar membaca? Founder Taman Bacaan Pelangi, Nila Tanzil menjelaskan untuk menumbuhkan minat baca seseorang adalah dengan memperkenalkan budaya membaca sejak dini yang dimulai dari rumah yang melibatkan kedua orang tuanya.

"Misalnya bapak atau ibu membiasakan membacakan buku cerita kepada anak setiap malam sebelum tidur atau pas bangun tidur," kata dia saat berbincang dengan VIVA di Sampoerna University Pancoran Jakarta, Kamis, 25 Januari 2018.

Merajut Masa Depan Lewat Buku, Kisah Sukses Anak-anak Bantar Gebang Bersama Berkarya Bercerita

Dia menambahkan, selain itu akan lebih bagus kalau dalam sehari ada slot membaca bersama dan dilakukan setiap hari akan menjadi kebiasaan.

Tak hanya itu, kata dia sekolah pun memiliki peran besar untuk menumbuhkan minat baca anak.

Miris Minat Baca Orang Indonesia Rendah, Cuma 1 dari 1000 Orang yang Suka Baca

"Untuk di sekolah lebih bagus lagi kalau di sekolah itu ada alokasi jam atau pelajaran khusus ke perpustakaan di mana anak-anak dibiasakan membaca," jelasnya.

Tak hanya itu, Nila juga mengatakan, para pengajar juga bisa merangsang anak untuk gemar membaca lewat story telling dengan ekspresi menyenangkan, juga intonasi suara yang seru.

"Untuk story telling itu diambil dari buku bukan mengarang sendiri, guru ambil buku dan kemudian membacakan ke anak-anak," jelasnya.

Di sisi lain, untuk kategori buku yang dibacakan kepada anak sesuai dengan usianya. Jika berusia balita usahakan pilih buku yang kata-katanya sedikit dan lebih banyak mengandung gambar dan memiliki ilustrasi yang menarik. Sebab buku dengan karakteristik seperti itu akan menarik perhatian anak dan lama-lama dia bisa konsentrasi ketika dibacakan.

Sedangkan untuk membiasakan anak membaca buku bisa memberikan minimal dua buku cerita dalam satu hari.

"Sebenarnya enggak ada minimal atau maksimal tapi bisa 2 buku cerita dalam satu hari. Pasti nanti dia akan ketagihan. Dan sebagai ibu bisa membacakan buku dengan intonasi dan ekspresi yang menarik sehingga dia penasaran dan meminta lebih lagi," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya