Frustasi Anak Tak Mau Sayur, Coba 4 Menu Super Kreatif Ini

Wortel keriting panggang agar anak makan sayur
Sumber :

VIVA – Anda sadar pentingnya menyajikan sayuran sebagai konsumsi harian anak. Tapi ketika menu sayuran sudah siap, anak malah menolaknya. Jangan frustasi dulu. Mungkin anak bosan dengan menu yang itu-itu saja. 

5 Trik Bikin Anak Mau Makan Sayuran

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menerapkan trik dalam kreativitas penyajian sayuran, supaya anak tertarik melahapnya. Ya, mungkin Anda perlu lebih banyak usaha, tapi jika hasilnya anak memiliki tubuh sehat, daya tahan optimal, karena nutrisinya terpenuhi dari sayuran, Anda tentu senang, kan?

Nah, menu-menu sayuran berikut ini bisa Anda sontek dan sajikan pada anak, sebagai lauk atau camilan, seperti dilansir dari laman Parents.

Dhena Frizzy Bagi Tips Biar Anak Doyan Sayur

1. Wortel keriting panggang
Anda hanya perlu memotong wortel seperti bentuk kentang goreng dengan pisau bergerigi. Kemudian lumuri secara merata dengan minyak zaitun, daun thyme kering, dan garam. Bungkus dengan kertas alumunium foil, lalu panggang selama 20 menit, atau hingga lunak.

RESEP: Sayur Krispy Solusi untuk Anak yang Sulit Makan Sayur

Wortel dikenal sebagai sayuran kaya vitamin A dan C yang baik untuk perkembangan mata anak, kesehatan kulit, dan pencernaan.

2. Fiesta jagung
Siapkan paprika merah dan hijau yang sudah dicincang, satu sendok minyak kanola, jagung pipilan, garam, dan daun ketumbar segar.

Cara memasaknya, tumis terlebih dahulu paprika menggunakan minyak kanola. Tambahkan jagung, aduk-aduk hingga lunak, kemudian masukkan garam dan daun ketumbar. Bisa dibubuhkan sedikit cabai bubuk jika anak suka sedikit pedas.

Kandungan nutrisi jagung tak bisa disepelekan. Anda bisa mengandalkan sayuran ini sebagai sumber mineral penting dan serat yang baik untuk pencernaan anak.

3. Edamame jeruk
Edamame atau biji kedelai muda yang bercitarasa segar ini bisa menjadi varian menu sayuran anak. Cara memasaknya, campurkan dua cangkir edamame, 1 sdm minyak zaitun, kulit jeruk nipis diiris tipis (atau sesuai selera), irisan daun seledri dan sedikit garam. Aduk-aduk di atas api sedang hingga lunak.

Edamame mengandung protein, serat, magnesium, fosfor, dan mineral penting lain yang berfungsi untuk kesehatan kulit, daya tahan tubuh, dan kesehatan tulang anak.

4. Asparagus lapis tepung roti
Menu satu ini bisa dibilang punya citarasa unik. Anak bisa menikmatinya sebagai lauk maupun camilan.

Siapkan: asparagus, tepung, telur kocok, tepung roti, minyak zaitun, dan madu sebagai cocolan.

Cara memasak: Celupkan asparagus ke tepung, lalu ke telur kocok, terakhir ke tepung roti kasar.

Percikkan asparagus dengan minyak zaitun. Panggang di dalam oven dengan suhu 232 derajat Celsius selama 10 menit, atau sampai berwarna keemasan. Sajikan dengan madu.

Asparagus mengandung banyak kalium, kalsium, vitamin A dan C, yang sangat diperlukan anak untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya