Dianggap Jagoan, Anak Laki-laki Malah Rentan Kekerasan

Ilustrasi/Kekerasan terhadap anak.
Sumber :
  • www.onvsoff.com

VIVA – Anak lelaki diidentikkan dengan sosok yang kuat dan pemberani. Meski begitu, bukan berarti mereka aman dari ancaman kekerasan fisik.

Marah ke Anak, Lantas Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Fakta yang ada, kekerasan pada anak laki-laki cenderung lebih banyak dibanding kelompok anak perempuan. Baik secara fisik, psikis, dan seksual. Terlebih mereka yang berusia remaja.

"Usia 13 sampai 17 tahun paling rentan alami kekerasan. Sedangkan kerentanannya lebih pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan," ujar Komisioner KPAI Bidang Kesehatan, Sitti Hikmawatty, di Gedung KPAI, Jakarta, Selasa 6 Februari 2018.

Polisi Gerebek Panti Asuhan di Medan, Diduga Eksploitasi Anak di Tiktok

Menurut survei, 1 dari 4 orang atau 3 juta anak lelaki alami kekerasan fisik. Angka itu lebih tinggi dibanding pada anak perempuan yang mencapai angka 1,5 juta atau dengan prevalensi 1:7.

"Kekerasan emosional, pada anak lelaki ada 1 dari 8 orang, dan pada anak perempuan 1 dari 9 orang anak. Sama juga pada kekerasan seksual, anak lelaki mengalami 1 dari 12 anak, dan anak perempuan 1 dari 19 anak," tuturnya. Adapun pemicu kekerasan itu antara lain karena pola asuh, kemiskinan, dan pernikahan dini.

Simak, Inilah Dampak Kekerasan pada Anak yang Perlu Diketahui

Lebih lanjut, dampak yang dialami oleh anak-anak pada kasus kekerasan tersebut bisa berbahaya. Sebab, dalam jangka pendek saja, depresi bisa mengintai mereka yang mengalami kekerasan.

"Dampak depresi atau psikis ini yang dikhawatirkan hadir pada tumbuh kembang anak. Ditambah, mereka bisa cenderung sakiti diri sendiri, pemakaian napza lebih tinggi, dan prestasi sekolahnya rendah. Apalagi, mereka dua kali lebih berpotensi lakukan kekerasan juga di kemudian hari." (ren)

Ilustrasi kekerasan pada anak

Tragedi Penganiayaan Anak Selebgram: Waspada! Ini 5 Cara Lindungi Anak dari Kekerasan

Berkaca pada kasus penganiayaan yang dialami putri Aghnia Punjabi. Apa yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam melindungi anak mereka dari kekerasan?

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024