Orangtua Pendek, Bisakah Anak Tumbuh Tinggi?

Tinggi badan anak.
Sumber :
  • tinggi-badan-ideal.blogspot.com

VIVA – Memiliki tubuh yang sehat dengan postur yang sempurna merupakan dambaan setiap orang. Tapi sayangnya, tidak setiap orang beruntung punya fisik yang mencapai tinggi bak model.

Indonesia Menjadi Negara Dengan Tinggi Badan Terpendek di Dunia

Tak sedikit orang Indonesia yang justru berpostur pendek. Biasanya, kebanyakan dari mereka pasrah saja karena menganggap warisan genetika pendek dari orangtua, tidak bisa diubah.

Memang, tidak sepenuhnya salah. Salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan, adalah genetika. Tetapi, itu bukan satu-satunya. Jadi, bagi orangtua yang tubuhnya pendek, tapi ingin anaknya tumbuh tinggi, masih ada harapan, kok.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Masih Bisa? Ini Tipsnya!

Seperti dikatakan Dr. Cindy Pudjiadi, MARS, MS, SpGK di Jakarta, Rabu 7 Februari 2018, orangtua masih bisa mengupayakan pertumbuhan tinggi anak sampai tidak bisa dikategorikan sebagai anak yang pendek.

"Memang biasanya yang disalahkan adalah genetikanya. Jadi, saya sering dapati seperti itu, orangtua datang ke saya, tidak terlalu tinggi. Kalau nutrisinya tidak dimaksimalkan, memang anaknya akan mirip orangtuanya. Tapi kalau nutrisinya kita maksimalkan terus, dari kecil, aktivitas fisiknya juga kita maksimalkan terus, dengan nutrisi yang bagus, anak tersebut bisa jauh lebih tinggi daripada orangtuanya, walaupun gen-nya pendek," kata Cindy.

Anak Mau Masuk Polisi Tapi Kurang Tinggi, Bisakah Ditangani Dokter? Begini Penjelasannya

"Kan, ada hitungannya tuh, orangtuanya tingginya di plus minus, tapi kita bisa maksimalkan. Tetapi, sering saya dapatkan anaknya bisa lebih tinggi dari itu, dengan nutrisi yang bagus," tambah Cindy.  

Cindy juga menambahkan bahwa ada jenis olahraga yang membantu anak tumbuh tinggi secara optimal, yakni olahraga yang membuat kaki anak menapak.

"Untuk anak tumbuh tinggi itu perlu yang kakinya napak, seperti basket. Jadi, enggak bisa kalau misalnya cuma berenang saja," kata Cindy. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya