Membandingkan Gaya Pengasuhan Elon Musk dan Bill Gates

Elon Musk
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA – Kita semua ingin menjadi orangtua yang baik untuk anak. Bahkan kalau bisa, jadi orangtua yang hebat. Supaya anak-anak hidup dengan layak, meraih masa depan gemilang, dan menjadi manusia yang membanggakan.

Gawat! Elon Musk Ngobat

Tak terkecuali para pebisnis kelas dunia, seperti Elon Musk dan Bill Gates. Mungkin Anda berpikir, mereka beruntung menjadi orang kaya yang memiliki harta melimpah untuk menunjang teknik mengasuh anak mereka.

Tapi sebenarnya, ada poin mendasar dari prinsip pengasuhan yang mereka terapkan, sama sekali tidak menyangkut materi. Seperti dimuat di laman Entrepeneur, mereka membiarkan anak-anak tumbuh dengan jiwanya yang murni, mengedepankan etika, waktu kebersamaan, dan kepedulian pada sesama.

Elon Musk Blak-blakan Tidak Akan Sumbang Duit Pada Capres AS

1. Elon Musk

Pendiri perusahaan mobil Tesla yang sukses besar ini adalah ayah dari lima anak. Elon dikabarkan menghabiskan waktu 80 sampai 90 jam per minggu untuk bekerja. Meski begitu, ia tak lupa menyediakan quality time bagi anak-anaknya.

Elon Musk Sindir Meta Gegara Facebook dan Instagram Down

"Saya ayah yang baik. Saya berusaha meluangkan waktu bersama anak-anak lebih dari setengah minggu. Saya juga mengajak mereka saat pergi tugas ke luar kota."

Elon juga dikenal sebagai ayah yang sangat baik dalam memperhatikan anak-anaknya. Baginya, anak-anak adalah investasi yang sangat berharga. Ia menyekolahkan mereka di sekolah eksklusif, Ad Astra (dari Bahasa Latin yang artinya bintang-bintang), di California Selatan. Sekolah itu mengajarkan konsekuensi dari kemajuan teknologi tanpa mengabaikan prinsip etika.

Tips parenting dari Elon yang cukup populer adalah anak-anak harus diajarkan berpikir kritis melalui pemecahan masalah. Menurutnya pendidikan bukan hanya meraih nilai angka tapi harus sesuai dengan kemampuan anak-anak.

"Jika Anda ingin mengajarkan anak-anak bagaimana mesin bekerja, Anda tidak seharusnya menunjukkan pada mereka semua kunci pas dan obeng. Anda harus menunjukkan mesinnya kepada mereka. Dengan begini, relevansinya menjadi jelas," kata Elon.

Elon juga mengatakan bahwa ia telah melalui masa kecil dan remaja dengan banyak kesulitan. Ia khawatir jika anak-anaknya justru kekurangan kesulitan, jika ingin hidupnya maju.

2. Bill Gates

Bos Microsoft ini kerap menerima pertanyaan dari para orangtua, "Berapa lama screen time yang seharusnya dimiliki anak?"

Dan ternyata yang dilakukan Bill Gates cukup berbeda dengan orangtua pada umumnya. Rata-rata anak diberikan ponsel oleh orangtuanya pada usia 10 tahun. Tapi pada ketiga anaknya, Bill baru mengizinkan ketika usia 14 dan 15 tahun.

Dia juga melarang anak-anaknya masih sibuk menatap layar gadget ketika makan malam dan satu jam sebelum tidur, untuk membantu anak-anak memiliki kualitas tidur yang baik.

Bill menganjurkan penggunaan teknologi adalah untuk menunjang pendidikan dan pengembangan kepribadian anak, bukan untuk hiburan.

Selain aturan terhadap teknologi, Bill juga mengajarkan anak-anaknya menghargai nilai uang. Ia memberi anak-anak uang saku, dan harus menyisihkan sepertiganya untuk disumbangkan pada badan amal pilihan mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya