Bolehkah Anak Keramas Setiap Hari?

Ilustrasi bayi mandi.
Sumber :
  • Pixabay/Pavelkraus

VIVA – Orang zaman dahulu mengajarkan ketika memandikan anak, harus bersih dari ujung kaki hingga kepala. Karena itu, tak jarang orangtua yang mencuci rambut buah hatinya tiap hari.  

Kesalahan Keramas yang Buat Rambut Rontok dan Tipis

Namun menurut ahli anak, dr. Meta Hanindita, Sp.A, sebaiknya rambut anak tidak dikeramas setiap hari, cukup sekali dalam dua sampai tiga hari atau dua sampai tiga kali dalam sepekan. Ia menjelaskan, mencuci rambut anak menggunakan sampo yang mengandung bahan kimia setiap hari justru bisa membuat kulit kepala menjadi kering.

"Sebenarnya tujuan mengeramaskan rambut anak dua sampai tiga hari sekali agar kulit kepala anak tidak cepat kering. Namun mengeramaskan anak setiap hari juga tidak masalah, asal tetap dalam kebutuhan sang anak," ucapnya saat ditemui VIVA di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat 9 Febuari 2018.

Lima Tips Keramas yang Benar agar Rambut Selalu Sehat

Dia menuturkan, kebutuhan sang anak tersebut berdasarkan kegiatan anak. Apakah ia memiliki aktivitas yang padat atau cuaca yang panas sehingga rambut dan kulit kepala menjadi mudah berkeringat.

"Jika cuaca sangat panas, dan aktivitas anak padat, kulit kepala akan mudah berkeringat dan menjadi berminyak. Jika tidak dibersihkan dengan baik akan menjadi ketombean," ucapnya.

Terungkap, Rajin Keramas Tidak Bikin Rambut Cepat Panjang

Namun dr. Meta menyarankan, jika terdapat ketombe pada anak khususnya yang berusia di bawah satu tahun, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Tujuannya agar diketahui apakah itu benar-benar ketombe atau penyakit lain.

Ilustrasi keramas atau mandi

5 Manfaat Keramas Pakai Mayones, Nomor Tiga Penting

Tidak hanya aman tetapi juga sangat efektif.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2018