Ayah Bunda, Ini Cara Tepat Tangani Anak Berkebutuhan Khusus

Kreatifitas Anak Berkebutuhan Khusus
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Anak Berkebutuhan Khusus, atau ABK cenderung mengalami diskriminasi. Kekurangan pada dirinya, memicu banyak orang, tak memberi perhatian secara tepat.

Haru, Anjing Dorong Kursi Roda Anak Berkebutuhan Khusus di Mal

Padahal, ABK sudah sepatutnya diperlakukan secara layak. Namun, tak sedikit masyarakat, terlebih orangtuanya, yang mengalami kesulitan dalam menanganinya.

"Orangtua biasanya denial (menolak) dengan keadaan anak, sehingga malah menyalahkan. Banyak kasus yang pastinya saling menyalahkan antar orangtua, bahkan sampai cerai," ujar Asisten Deputi Perlindungan Anak Bidang Anak Berkebutuhan Khusus, Kementerian PP dan PA, Indra Gunawan, di Gedung KPPPA, Jakarta, Jumat 9 Februari 2018.

Dikaruniai Anak Berkebutuhan Khusus, Agatha Suci Bersyukur

Di kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Dwituna Rawinala, Budi Prasojo mengatakan, pentingnya pendekatan pertama oleh tenaga profesional, diberikan pada orangtua terlebih dahulu. Sebab, orangtua cenderung mengalami penolakan yang seharusnya diatasi sejak dini.

"Pendekatan pertama pada ortu dan keluarga. Melakukan pendampingan dan penguatan pada orangtua untuk menerima. Setelah itu, mulai edukasi pendampingan pada anaknya," papar Budi.

Mengenal Manfaat Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Lebih lanjut, Budi menyayangkan timbulnya persepsi negatif dari masyarakat terhadap keluarga ABK. Di mana, kondisi ini menjadi pemicu penghambat pendampingan orangtua terhadap ABK.

"Kalau pandangan masyarakat masih negatif kepada keluarga dan ABK, akan menghambat proses orangtua untuk menerima. Ditambah, akses di lingkungan yang kurang mendukung hidup ABK, membuat pendampingan orangtua ke ABK makin sulit," terangnya.

Pendidikan Seks Menjelang Anak Remaja (School of Parenting)

Pentingkah Pendidikan Seksual bagi Anak Berkebutuhan Khusus?

Anak berkebutuhan khusus merupakan kelompok rentan terhadap kekerasan seksual.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021