Kisah Joanna Alexandra Dikaruniai Anak Istimewa

Joanna Alexandra
Sumber :
  • VIVA/ Adinda Permatasari

VIVA – Kelahiran anak sulung aktris Joanna Alexandra, Ziona Eden Alexandra Panggabean, membawa kebahagiaan sekaligus keharuan. Zion, sapaan akrab bayi mungil itu, banyak mengalami hambatan setelah lahir.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

"Sekarang usianya sudah sembilan bulan dan memang mengalami keterlambatan perkembangan, tapi perkembangannya terus mengalami kenaikan," ujar Joanna saat ditemui di acara #Orami5Tahun di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu 21 Februari 2018.

Meski banyak hambatan yang dialami Zion, tapi Joanna mengaku tetap bersyukur dengan anugerah berharga. Setiap perkembangan sekecil apapun membawa kebahagiaan luar biasa bagi pemain film Catatan Akhir Sekolah ini.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Dia melihat tangan terus saja sudah lucu banget," kata Joanna tersenyum.

Joanna mengakui kalau anak bungsunya itu memang mengalami banyak kelainan semenjak lahir. Hingga saat ini, ia juga masih menunggu hasil diagnosis dokter mengenai kondisi yang dialami Zion.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Joanna menuturkan, Zion mengalami beberapa kelainan di tubuhnya, seperti kaki kirinya yang bengkok sehingga mengaharuskan bayi mungil itu harus mengenakan sepatu khusus. Otot Zion juga memiliki massa yang lebih lemah dibanding bayi seusianya sehingga ia harus menjalani terapi.

"Kemarin sempat alami hearing loss, jadi harus pakai alat bantu dengar. Sama dokter masih disuruh tunggu beberapa bulan, karena bayi masih dalam masa pertumbuhan jadi pasti ada kemajuan," ungkap Joanna.

Zion juga masih terus menjalani fisioterapi untuk memperbaiki kondisinya. Kini Zion tengah berlatih untuk bisa duduk dan otot tangannya dilatih untuk bisa kuat.

Apa yang dialami Zion pun membuat Joanna semakin diasah kesabarannya untuk selalu menjadi ibu yang baik. Ia tidak pernah berhenti memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan.

Meski begitu, Joanna tidak memungkiri sempat juga dilanda stres. Namun, ia selalu menyerahkan semuanya kepada Tuhan.

"Kalau stres wajar tapi aku enggak mau terlalu larut dalam stres, enggak mau kepikiran banget karena mood seorang ibu pasti terasa di anak," kata Joanna.

Apa yang dialami Zion memang tidak pernah diduga sebelumnya oleh Joanna dan suami. Selama hamil, Joanna mengaku tidak ada masalah berarti.

"Hasi USG memang kepala sedikit lebih besar karena massa otaknya, tapi dokter bilang aman. Saya pikir semua biasa saja, berjalan lancar tapi pas lahir banyak kejadian yang bikin agak tegang." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya