Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Anak Alami Kegagalan

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Skitterphoto

VIVA – Rasa sedih pasti pernah dialami oleh seluruh manusia, terutama rasa sedih yang muncul akibat kegagalan. Rasa sedih itu tak luput dirasakan oleh sang buah hati yang merasa gagal karena mimpinya yang belum tercapai.

Lima Langkah Tingkatkan Percaya Diri pada Anak

Beberapa anak banyak yang mengurung diri, akibat merasa sedih dan kecewa yang mendalam. Namun menurut Roslina Verauli, Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga, disitulah peran orangtua yang paling berarti bagi sang anak.

"Ketika anak merasa sedih karena kegagalan, di situlah peran penting orangtua untuk mengembalikan kepercayaan diri anak. Caranya mudah, yaitu terus memberikan kepercayaan dan motivasi," ucapnya saat ditemui VIVA di Jakarta, Sabtu, 24 Febuari 2018.

Cara Cerdas Memuji Anak, Tanpa Berlebihan

Dengan memberikan kepercayaan melalui pujian pada anak, cepat atau lambat cara tersebut dapat mengembalikan rasa percaya dirinya. Namun Vera menekankan, agar para orangtua menghindari sikap membanding-bandingkan anak dengan anak lainnya saat mereka gagal. Hal tersebut justru menambah rasa tidak percaya diri pada anak.

"Ketika anak gagal, pujilah sang anak seperti, enggak apa-apa walau tidak menang namun kamu sudah hebat kok keren banget! Masih banyak kesempatan lainnya, yang penting tetap semangat, " ucapnya.

Memuji Diri Sendiri Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Vera juga menambahkan, untuk orangtua jangan berhenti mengajak anak untuk turut serta dalam kompetisi, semakin anak sering mengikuti kompetisi. Anak akan lebih mudah mengenali apa yang menjadi kelebihan, dan kekurangan mereka. Serta belajar meningkatkan kelebihan dan mengelola kekurangan yang mereka miliki.
   

Ilustrasi anak bermain.

Main Bisa Bentuk Percaya Diri Anak, Begini Caranya

Setiap anak dianugerahi kecerdasan yang lengkap.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2018