Tips Agar Si Kecil Tak Mudah Bosan dengan Makanannya

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA – Orangtua berperan besar terhadap sumber gizi yang dikonsumsi buah hatinya. Tak heran, proses pemberian asupan gizi yang tepat, harus diberikan dengan cara yang juga tepat.

4 Resep Olahan Sup Lezat Tinggi Nutrisi Buat Si Kecil, Dijamin Lahap Makan

Banyak orangtua yang merasa sulit membuat anak-anaknya mau mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Kunci dari hal ini ternyata terletak dari varian dan keragaman sumber gizi yang disuguhkan oleh orangtua.

"Ciri makanan yang disukai anak mencakup tampilannya yang menarik, bentuk atau tekstur tidak terlalu keras atau lunak, serta variasikan sumber gizinya," ujar Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD., kepada VIVA di Jakarta.

#TanyaDokter: Anak Usia 6-10 Tahun Susah Makan, Bagaimana Solusinya?

Ilustrasi anak malas makan.

Variasi makanan tersebut mencakup proses pemilahan sumbernya, pengolahannya, serta tampilannya. Syafiq juga menjelaskan pentingnya penggunaan warna di dalam makanan agar semakin menarik minat anak.

Bunda, Begini Cara Tepat Kenalkan Makanan Baru pada Si Kecil

P"Upayakan mengandung komponen gizi yang beragam, dengan tambahan protein dan sayur mayur yang dikombinasikan. Piring makan anak jadi lebih berwarna dari warna-warna yang natural seperti sayuran hijau, wortel yang oranye, tomat berwarna merah," terangnya.

Dipaparkannya, untuk membuat porsi makan yang menarik, membutuhkan upaya ekstra dari para orangtua. Namun, hal ini tentu akan berbalik dengan kecukupan gizi di masa tumbuh kembang si kecil.

"Home skill dari ibu-ibu harus bisa menyiapkan makanan, termasuk camilan yang menarik dan tahan lama. Keterampilan ini dibutuhkan agar anak juga bisa mengonsumsi makanan dari sumber gizi yang baik."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya