Waspada Diabetes Anak Mengintai di Musim Liburan

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA – Diabetes melitus tipe 1 menjadi salah satu penyakit endokrin-metabolik tersering pada anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Di Indonesia, pada lima tahun terakhir terjadi peningkatan angka diabetes pada anak hingga 500 persen.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes
Menurut Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), diabetes melitus pada anak ini disebabkan oleh autoimun. Namun, bisa juga dikarenakan infeksi virus dan lingkungan.
 
"Faktor lingkungan ini yang bisa mengubah sistem tubuh seseorang. Selain itu, ada kerusakan pada sel beta pankreas," ujar Aman saat ditemui dalam acara Seminar Awam Diabetes Melitus I di kantor IDAI, Jakarta, Selasa 27 Maret 2018.
 
Selain faktor di atas, Aman pun mengungkapkan fakta mengejutkan tentang peningkatan kasus diabetes pada anak-anak. Dari data yang tercatat, di Indonesia peningkatan diabetes terjadi pada saat musim libur.
 
"Antara November - Januari dan Juni - Agustus, setiap musim libur hidup anak jadi sangat tidak teratur. Pola makan dan istirahat kacau, gampang sakit," lanjut Aman.
Ilustrasi diabetes.
 
Meski secara ilmiah belum ada penelitian yang membuktikannya, namun dari data registry yang diterimanya, Aman melihat diagnosis diabetes terjadi peningkatan di bulan-bulan tersebut.
 
Aman lalu mengimbau agar orang tua lebih waspada terhadap fenomena ini. Setiap orang, lanjutnya, punya bakat untuk menjadi diabetes, hanya tinggal menunggu pencetusnya saja.
 
"Karena sekarang ini pencetusnya banyak terjadi infeksi, paparan lingkungan yang jelek," kata Aman.
 
Semua harus waspada, bahwa diabetes juga bisa terjadi pada anak. Karena itu, saat anak sudah banyak makan dan minum, sering berkemih, kembali mengompol padahal sudah tidak pernah lagi, berat badan turun, dan terlihat lemas, hal pertama yang harus dicurigai adalah diabetes.
 
 
Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024