Ingin Anak Bahagia, Tunjukkan Kemesraan Bersama Pasangan

Ilustrasi orangtua dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika Anda adalah orangtua yang ingin anak memiliki hubungan yang harmonis dalam pernikahannya di masa depan, maka Anda harus menunjukkan perilaku yang baik pada pasangan. Termasuk bagaimana berkasih sayang dan menjaga kesetiaan.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Terkesan sederhana, bukan? Tapi dampaknya bagi perkembangan mental anak tak bisa disepelekan, lho. Menurut psikoterapis Balton Goldsmith, Ph.D., seperti dikutip dari laman Psychology Today, jika anak dibesarkan di lingkungan di mana orangtua mereka berselingkuh, anak itu akan mengalami kesulitan mempercayai pasangan mereka di kemudian hari.

Anak-anak yang datang dari latar belakang semacam itu, cenderung takut bahwa pasangan mereka akan melakukan seperti yang dilakukan orangtua mereka. Akibatnya, mereka hidup dalam dunia yang penuh kecemasan.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Begitu pula jika Anda dan pasangan saling berbicara dengan suara yang keras, bahkan berteriak, itu juga membuat anak-anak takut. Anak-anak berpikir orangtua mereka bertengkar, tidak saling menghormati, dan bisa jadi di ambang perceraian. Efek traumatis tak dapat dikesampingkan, yang mungkin saja akan sulit dihilangkan dari benak anak.

Dampak lainnya, jika anak terbiasa melihat orang yang memperlakukan satu sama lain dengan perilaku buruk, mereka akan belajar bahwa perilaku negatif ini adalah bagian dari sebuah hubungan. Pada pasangannya kelak, atau siapa pun, bisa jadi mereka akan melakukannya.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Berkasih sayang lewat makan malam

Setiap orangtua tentu menginginkan kehidupan yang baik pada anak mereka. Termasuk bahtera rumah tangga yang akur, damai, dan harmonis.

Itulah sebabnya Barton menyarankan agar tak melewatkan makan malam bersama keluarga. Ini merupakan salah satu momen dan cara yang tepat untuk menunjukkan kasih sayang.

"Saya tahu ini semakin sulit karena anak-anak semakin dewasa dan memiliki lebih banyak kegiatan ekstrakurikuler, tetapi Anda harus menjadikan ini prioritas," tulis Barton.

Selain itu menurut penelitian, keluarga yang sering makan bersama, menunjukkan anak-anak yang lebih baik di sekolah dan di kehidupan. Ada hal luar biasa yang terjadi ketika semua orang berkumpul bersama, yaitu sebuah ikatan cinta. Hal yang membuatnya lebih baik adalah ketika Anda semua berpelukan bersama dan saling berbagi cinta. Baik pada pasangan maupun anak. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya