Pertama di Dunia, Taman Bermain untuk Anak Autis

Ilustrasi ibu dan anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/ golso

VIVA – Taman bermain menjadi salah satu destinasi wisata favorit anak-anak untuk dikunjungi ketika libur tiba. Tidak heran jika setiap negara menyediakan taman bermain sebagai fasilitas yang menunjang tumbuh kembang anak.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Dari menjamurnya taman bermain di berbagai wilayah, ada satu aspek yang masih luput, yaitu taman bermain yang ramah bagi anak autis.

Namun, baru-baru ini sebuah taman bermain yang berkonsep serial kartun Sesame Street dan dinamakan Sesame Place, diresmikan sebagai taman pusat autisme. Berlokasi di Langhorn, Pennsylvania, Amerika, taman bermain ini diberi sertifikasi autisme internasional langsung dari Dewan Internasional Standar Pendidikan Berkesinambungan dan Berkelanjutan (IBCCES). Pemberian sertifikasi ini bertujuan untuk menciptakan opsi aman bagi anak dengan autisme.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Dilansir dari laman Travelandleisure, penghargaan yang diterima Sesame Place, setelah adanya pelatihan yang diberikan oleh taman bermain tersebut kepada karyawannya untuk membantu pengunjung dengan autisme. Dengan fokus pada area yang mencakup kesadaran sensorik, keterampilan komunikasi, dan keterampilan motorik.

Sesame Place, taman bermain yang ramah untuk anak dengan autisme

Melawan Stigma Buruk Autisme di Indonesia

Sesame Place

Taman bermain, yang memiliki 25 atraksi dengan tiga pertunjukan langsung dan parade harian, juga menyediakan dua ruangan yang tenang dengan fitur pencahayaan yang dapat disesuaikan untuk mereka yang memiliki autisme dan membuat panduan sensor. Sehingga pengunjung dapat merencanakan atraksi mana yang akan dilihat berdasarkan kondisi anak tersebut.

Peresmian tersebut bertepatan dengan Bulan Kesadaran Autisme Nasional di AS pada bulan April dan menempatkan Sesame Place setara dengan organisasi seperti Sesame Workshop, yang telah berupaya meningkatkan kesadaran pada topik melalui inisiatif “See Amazing in All Children”.

Sebelumnya pada tahun 2017 "Sesame Street" menjadi berita utama, karena memperkenalkan karakter pertamanya, yaitu seorang gadis berusia empat tahun dengan autisme. Gadis bernama Julia itu memiliki rambut berwarna merah, bermata hijau. Karakter itu juga memulai debutnya di Sesame Place tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya