Mengasuh Anak Jadi Pintar dan Disiplin seperti Baby Moonella

Selebgram cilik Moonella Sunshine Jo
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Tingkah lucu dan menggemaskan selebgram cilik Moonella Sunshine Jo, atau dikenal dengan panggilan Baby Moonella, membuat banyak warganet, khususnya para ibu muda mengidolakannya. Tak heran jika di usia belum genap empat tahun, Moonella telah mengantongi pengikut Instagram sebanyak 1 juta. 

Cara Selebgram Babymoonella Hindari Cyber Crime

Tak sedikit yang penasaran dengan pola asuh yang diterapkan ibunda Moonella, Merry Inggriany, yang membuat Moonella tampak begitu penurut dan disiplin. Mengasuh si kecil tentunya memiliki banyak tantangan. Apalagi untuk para ibu muda yang belum memiliki pengalaman dalam mengasuh anak.

Moonella dan orangtuanya

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Merry menuturkan bahwa pola asuh yang ia terapkan cenderung banyak berdiskusi. "Moonel itu kritis, banyak bertanya. Anak seperti ini tidak bisa didiamkan atau hanya diberikan jawaban 'ya' atau 'tidak' saja. Harus diberikan penjelasan panjang lebar yang mengarah ke diskusi," ungkap Merry ketika ditemui baru-baru ini.

Berdiskusi dengan banyak memberikan jawaban secara detail, diyakini Merry, akan lebih membuat Moonel banyak berpikir. Moonel akan memahami bagaimana memilah hal yang perlu dilakukan dan mana yang sebaiknya dihindari.

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

"Saat dia nanya, kami harus jelaskan mengapa itu tidak boleh dilakukan dan dampak bahayanya apa. Dengan ada pengertian itu, dia akan berpikir dua kali untuk melakukan suatu hal karena itu untuk kebaikannya sendiri dan bukan karena takut saya larang," jelasnya.

Tak hanya itu, Merry juga menyarankan untuk para ibu banyak berbincang dengan buah hatinya. Sebab, dari situ para ibu akan memahami pola pikir dari si kecil.

"Anak jangan disuruh diam saja dan dikontrol. Tapi, kita harus ngerti juga pola pikirnya dia, jadi dari situ kita bisa paham pola asuhnya bakal seperti apa. Banyak berbincang dengan anak untuk mengenali anak kita sendiri," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya