Kesalahan Mengasuh Anak ini Jadi Biang Stres Ibu Milenial

Wanita gelisah karena rezekinya kurang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Beragam tantangan dihadapi para orangtua dalam mengasuh anak. Di zaman yang serba mudah karena dimanjakan teknologi, ternyata berdampak terhadap perubahan perilaku para ibu. Mereka cenderung berpikir bahwa kemudahan tersebut membuat mereka bisa mengerjakan semuanya serba sendiri.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

"Dengan pola pikir begitu, mereka terlalu pasang target dan menekan dirinya sendiri untuk harus berusaha keras. Seperti tidak pakai nanny (pengasuh anak), enggak ke daycare, dan sebagainya karena merasa bisa sendiri," ujar psikolog Vera ltabiliana kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Selain itu, para ibu milenial menganggap bahwa dirinya harus serba sempurna. Artinya, mereka harus serba tahu mengenai pola asuh anaknya.

Waspada Baby Blues, Inilah Hal-hal yang Dibutuhkan Seorang Ibu Usai Melahirkan

"Padahal enggak harus sempurna. Ibu yang sudah punya anak satu saja, ketika punya anak kedua lagi, pasti belajar lagi. Ubah pola pikirnya menjadi bukan yang sempurna tapi menjadi yang terbaik saja buat anak," terangnya.

Dikatakan Vera, tak sedikit para ibu yang akhirnya depresi dan stres akibat tak tercapainya keinginan tersebut. Padahal, tak semua rencana akan berjalan mulus seperti keinginan yang sudah dipikirkan.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

"Punya anak itu engga? melulu indah. Harus antisipasi berbagai hal yang tidak terbayangkan. Misal, harus siap kemungkinan terburuk saat lahiran tidak di tempat yang direncanakan, tidak didampingi suami, bahkan persiapkan untuk mulai begadang dan mencegah baby blues yang mungkin saja terjadi." (ren)

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024