Tren Ibu-ibu Muda Bikin Geng, Perlu Nggak Sih?

Ilustrasi geng wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Belakangan ini banyak muncul ibu-ibu muda yang membentuk geng atau kelompok dengan sebutan yang kekinian. Tren ini dipelopori oleh para selebriti yang kemudian menjadi populer berkat pemberitaan media, serta eksistensi di media sosial.

Geng Seleb 'Mom Sweet Mom' Ogah Besanan

Tak hanya sekadar berkumpul bersama, para ibu ini juga terlihat kompak di berbagai kesempatan. Melihat keseruan mereka yang dipamerkan di media sosial, rasanya membuat ibu muda lain akhirnya terdorong membentuk geng serupa. Tapi, perlukah hal itu?

Menurut psikolog Anna Surti Ariani, membentuk geng seperti itu sebenarnya antara perlu dan tidak. Dikatakan perlu karena sebagai ibu mereka tentunya butuh dukungan dan wadah untuk berbagi.

Emak-emak Squad, Enggak Kalah Keren dari Girls Squad

"Terkadang para ibu ini ragu dengan pengasuhan anaknya sudah benar atau belum, tumbuh kembangnya harus bagaimana, mereka butuh masukan dari ibu-ibu lain, karena itu butuh kelompok pertemanan tertentu," kata psikolog dengan sapaan akrab Nina, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Geng atau kelompok pertemanan ini menjadi tidak perlu saat sudah terjadi banyak hubungan yang tidak sehat di dalamnya. Misalnya, ada persaingan yang sangat kental.

Gadis Cantik Berdarah Mesir Tewas Digebuki Geng Wanita

"Jadi kalau mau bergabung dalam geng, hubungan pertemanannya yang sehat, bisa menghargai satu sama lain, tidak eksklusif itu-itu saja bertemannya, harus bisa sharing juga dengan teman lain di luar geng itu, dan bisa memberi manfaat buat semuanya," lanjut Nina.

Geng selebiriti Girls Squad

Geng Girl Squad

Bagaimana mengenali jika pertemanan dalam geng sudah tidak sehat? Nina mencontohkan, ketika sudah mulai ada obrolan yang cenderung nyinyir, kemudian banyak permintaan yang terlalu mengeksklusifkan geng, seperti tidak memperkenankan orang lain untuk bergabung.

Ketika ada sesuatu yang tidak sehat terjadi, Nina menyarankan agar bisa membicarakan masalah ini dengan anggota geng yang lain. "Bisa bicara dulu dengan salah satu teman yang dirasa paling sehati, sampaikan bagaimana kondisi yang seharusnya." (mus) 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya