Survei: Orang Tua Milenial Jauhkan Anak dari TV

Anak nonton TV
Sumber :
  • Pixabay/ mojzagrebinfo

VIVA – Survei dan riset baru-baru ini dari Nielsen dan Media Partners Asia mengungkapkan perubahan dramatis dalam perilaku menonton TV di Indonesia. Di mana, mulai terjadi kenaikan persentasi konsumen yang berpindah ke online streaming dan layanan video untuk hiburan mereka.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Hal tersebut bertumbuh dengan cepat, terutama bagi pasangan keluarga muda di Indonesia dengan demografi usia 25-35 tahun. Tak heran, pasangan muda yang baru memiliki anak maupun kaum milenial, sangat memerlukan tontonan yang menghibur sekaligus mengedukasi dengan tepat.

"Dulu, tontonan tv masih sangat aman untuk anak seperti film kartun, permainan yang mendidik, dan tidak ada perkataan yang kasar. Kini, Banyak kekhawatiran para orangtua muda untuk bisa membiarkan anaknya sendirian menonton tv tanpa didampingi karena banyaknya pengaruh buruk pada sikap anak," ujar Head of XL Home Entertainment & Marketing, Dave Ulmer, dikutip dari rilis XL Home Broadband, Selasa 1 Mei 2018.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Menonton TV bersama keluarga.

Dengan kekhawatiran tersebut, Dave mengatakan pentingnya peran orang tua dalam memilah program tepat untuk mengedukasi sekaligus menghibur anak. Salah satunya dengan cara memilah tayangan yang tepat dan mengunci program tv yang dianggap kurang baik.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

"Fitur KidzMode dari TV Android dibutuhkan karena ini merupakan mode pertama untuk tayangan anak yang aman dan mendidik dengan kontrol orang tua. Orang tua bisa memilih channel untuk anak dan menguncinya dengan kode yang hanya diketahui orang tua," kata Dev.

Director Corporate Strategy & Business Development XL Axiata, Abhijit Navalekar, juga mengatakan bahwa konsumen saat ini cenderung menginginkan keleluasaan dalam memilih tayangan untuknya. Hal ini juga yang membuat para orang tua muda semakin mudah memberikan tayangan yang edukatif pada buah hatinya.

"Keberadaan TV Android juga sebagai jawaban atas keinginan masyarakat Indonesia untuk memperoleh layanan televisi yang memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk menentukan apa yang hendak ditonton. Karena selama ini konsumen di Indonesia dihadapkan harga yang mahal untuk ratusan saluran TV yang sebenarnya sebagian besar tidak mereka tonton," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya