Jika Anak Terdiagnosis Epilepsi

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pernahkah Anda mendengar tentang epilepsi? Epilepsi adalah penyakit yang mengganggu kerja saraf pada bagian otak. Pada penderita epilepsi, kelompok sel saraf otak yang disebut neuron akan melepaskan sinyal abnormal, sehingga terjadi kejang.

Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa

Menurut dr. Fitri Octaviana, Sp. S (K)., ahli saraf dan konsultan epilepsi, epilepsi bisa dialami oleh semua orang dari segala usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Bayi yang mengalami epilepsi biasanya diakibatkan oleh adanya kelainan pembentukan otak selama di kandungan, pertumbuhan janin tidak sempurna, serta adanya masalah saat melewati jalur lahir. Sedangkan pada anak-anak dan remaja, biasanya terjadi akibat faktor genetik.

5 Khasiat Hebat Bawang Merah, Obati Jerawat hingga Cegah Kanker

Jika seseorang baru mengalami epilepsi saat usianya dewasa, biasanya disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan tertentu, seperti stroke, infeksi pada otak, atau trauma pada kepala, seperti kecelakaan dan kepala terbentur benda keras.

BACA SELENGKAPNYA

Jangan Salah, Udara Dingin Juga Menyehatkan
Terekam Pegendara Motor Tabrak Tembok

Viral Terekam Pengendara Motor Tabrak Tembok, Diduga Epilepsi Kambuh

Baru-baru ini beredar video yang memperlihatkan pengemudi motor yang menabrak dinding di Ciamis. Video itu diunggah di sosial media, viral dan mendapat komentar netizen.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023