10 Cara Sederhana Kelola Keuangan Keluarga

Ilustrasi keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mengelola keluarga bisa dibilang hal yang cukup sulit, terlebih dalam hal mengelola keuangan di rumah tangga. Ada kalanya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga, namun di sisi lain, juga mesti realistis dengan pendapatan yang didapat.

Azhar Dzaki Irawan, Konten Kreator yang Punya Penghasilan Sejak SMK karena Labil Ekononmi Keluarga

Karenanya, butuh pengelolaan yang tepat dan disiplin, untuk menjaga alur keuangan dalam sebuah keluarga.

Berikut, adalah 10 cara untuk membuat dan mengelola anggaran keluarga yang dapat dipatuhi, yang memberikan keluarga Anda apa yang mereka butuhkan:

Strategi Para Ibu Kelola Keuangan Tetap Stabil Hadapi Resesi Ekonomi

1. Lacak kebiasaan belanja

Ada beberapa program online gratis untuk melacak bagaimana Anda menghabiskan uang Anda saat ini. Mint.com menawarkan alat penganggaran besar yang mengategorikan semua pendapatan dan pengeluaran yang masuk dan keluar dari akun Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat tren pengeluaran apa saja yang paling banyak dihabiskan.

Ini 5 Tips Atur Keuangan Keluarga untuk Hadapi Krisis Ekonomi

2. Tetapkan anggaran realistis 

Anggaran dapat menjadi hal yang rumit, jadi tetapkan salah satu batas anggaran yang membuat nyaman. Petakan dari kebiasaan belanja berdasarkan kategori pengeluaran seperti sewa, hipotek, utilitas, hiburan, dan bahan makanan. Carilah area-area, di mana Anda pikir Anda mungkin bisa mengurangi jumlah uang  tersebut, yang kemudian dimasukkan ke investasi dan atau tabungan.

3. Pikirkan rencana jangka panjang, serta pendek 

Ilustrai perencanaan keuangan

Perencanaan dari minggu ke minggu atau bulan ke bulan diperlukan. Namun, perencanaan ke depan untuk keadaan darurat, sangat penting. 

4. Masukkan pengeluaran setiap anggota keluarga dalam daftar

Menjadi penegak anggaran adalah pekerjaan yang sulit, terutama ketika menyangkut hal-hal seperti makan di luar. Anda dapat dengan mudah melewati restoran cepat saji, saat lelah dan anak-anak lapar. Sebaliknya, berikan mereka pilihan untuk membantu memilih menu untuk makan malam. Memiliki kepercayaan diri terhadap keputusan seperti ini akan membuat pekerjaan Anda tidak terlalu sulit.

5. Carilah cara untuk meningkatkan tabungan

Ada banyak peluang di luar sana untuk membantu Anda membayar lebih sedikit untuk barang yang Anda butuhkan. Pertimbangkan menjadi anggota ke toko yang paling sering Anda kunjungi. 

6. Jadwalkan hari membayar tagihan

Menyisihkan waktu ketika Anda benar-benar dapat fokus membayar dan mengurus sesuatu adalah yang sangat penting. Entah itu hari yang sama setiap minggu atau tanggal 15 dan 30, pastikan untuk membuatnya konsisten. 

7. Lakukan penyesuaian anggaran Anda

Anggaran Liburan

Anggaran berubah karena kebutuhan keluarga Anda berubah. Bersiaplah untuk melakukan penyesuaian terhadap anggaran Anda setelah beberapa bulan untuk mencobanya. 

8. Carilah cara untuk menghasilkan sedikit uang tambahan

Mencari cara untuk menghasilkan uang tambahan juga salah satu hal yang mesti dipertimbangkan. Uang ini, kelak akan bisa disisihkan ke dalam tabungan atau digunakan saat dalam keadaan darurat.

9. Perhatikan pembelanjaan kartu kredit 

Pastikan untuk membayar saldo pada akhir bulan. Membiarkan saldo dapat menimbulkan biaya bunga dan keuangan yang akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak untuk sebuah barang daripada harga sebenarnya.

10. Gunakan daftar ketika belanja

Salah satu cara terbaik untuk mengikuti anggaran adalah melalui penggunaan daftar. Bahkan, sebelum Anda berjalan melewati pintu toko, tuliskan apa yang akan Anda beli. Bawa daftar itu dan hanya membeli barang-barang itu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya