Anak Rewel Saat Mudik Bisa Dicegah, Siapkan 7 Hal Ini

Car seat bayi di mobil.
Sumber :

VIVA – Bicara soal Hari Raya Idul Fitri, momen mudik telah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Mereka berbondong-bondong pulang ke kampung halaman, untuk merayakan hari libur bersama keluarga.

Berapa Durasi yang Aman untuk Berkendara Saat Mudik?

Bagi yang memiliki bayi atau anak kecil, tentunya tidak mungkin jika si kecil ditinggal di rumah seorang diri. Sehingga, mau tak mau mesti mengajaknya untuk ikut serta.

Namun membawa anak kecil untuk perjalanan jauh dalam waktu yang cukup lama tentu bukan hal yang mudah. Kondisi demikian berpotensi membuat si kecil rewel dan menangis sepanjang jalan.

Tips Mudik Nyaman Saat Membawa Balita dan Anak di Bawah Umur

Tapi ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar si kecil tak rewel selama perjalanan. Berikut ini tipsnya.

1. Siapkan bekal makan dan minum

5 Tips Menghemat Baterai HP saat Mudik Lebaran

Pastikan untuk mengemas makanan yang tidak mudah busuk. Biarkan bayi tetap terhidrasi selama di perjalanan. Bayi yang lapar dan haus mudah sangat sensitif dan mudah rewel.

2. Pakaian dan popok

Kenakan pakaian yang nyaman pada bayi atau balita Anda. Pertimbangkan cuaca dan suhu udara yang akan dihadapi selama perjalanan maupun tempat tujuan. Selalu sediakan popok dan pastikan tidak terlambat menggantinya.

3. Barang favorit anak

Bawalah mainan favoritnya, selimut favorit, bantal favorit, atau apa saja yang menunjang kenyamanannya di perjalanan. Dengan membawa barang tersebut membuat bayi lebih mudah tenang.

4. Hindari menempuh perjalanan lebih dari 6 jam

Perlu diingat anak-anak masih sangat lemah. Jika mereka duduk di satu tempat dalam jangka waktu yang lama, itu tidak sehat, sama halnya dengan orang dewasa. Jika Anda mengemudi, cobalah untuk merencanakan berhenti di rest area. Biarkan bayi sedikit bebas dan keluar dari mobil, tentunya dalam pengawasan.

5. Pertimbangkan jam tidurnya

Saat berpergian jauh dengan mobil, kemacetan seringkali tidak bisa terhindari. Ini membuat banyak orang menghabiskan waktu di jalan. Saat membawa si kecil mudik, penting juga mempertimbangan waktu tidur yang disesuaikan dengan waktu perjalanan.

6. Selalu duduk tepat di samping bayi

Orangtua adalah zona nyaman sekaligus rumah bagi si kecil. Karenanya saat dalam perjalanan mudik pastikan selalu berada di sampingnya.

7.  Mainkan musik kesukaannya

Nyanyikan lagu, ceritakan kisah, dan melakukan permainan bersama, akan membantu anak tetap terhibur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya