Panduan Bawa Bayi dan Balita Mudik Naik Pesawat

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • REUTERS/Greg Baker/Pool

VIVA – Mudik dengan bayi yang masih berusia di bawah lima tahun, tentunya memerlukan persiapan khusus, demi menunjang kenyamanan bayi selama perjalanan. Berbeda dengan orang dewasa, tubuh bayi masih lebih lemah sehingga meski di perjalanan, kenyamanan dan keamanan mereka harus tetap memadai.

Tips Mudik Nyaman Bersama Balita

Pada musim mudik Lebaran kali ini, jika Anda akan mudik dengan bayi atau balita menggunakan pesawat, coba beberapa tips berikut ini.

1. Car seat

Tips Mudah Tenangkan Bayi di Pesawat

Saat memesan tiket, informasikan ke pihak maskapai bahwa Anda membawa bayi (infant), agar mereka bisa mempersiapkan kebutuhan bayi, termasuk membantu memasang car seat. Pastikan sebelumnya maskapai yang Anda pilih memang menyediakan fasilitas ini.

2. Tas dan popok bayi

Menangis karena Kelaparan, Pramugari Susui Bayi Penumpang

Satu tas jinjing yang mudah dibawa berisi keperluan bayi, akan menjadi penyelamat Anda. Masukkan dompet Anda dan popok anak menjadi satu tas, ini yang akan dibawa naik ke kabin.

3. Stroller

Terlalu lama menggendong membuat tubuh pegal. Maka, penting membawa stroller selama perjalanan jauh, bisa dikenakan saat di bandara maupun di kampung halaman. Biar praktis, kita bisa pilih stroller yang pasang-lipat berukuran kecil dan bisa disimpan di laci kabin.

4. Cek ketentuan

Beberapa maskapai tidak mengizinkan stroller dibawa ke dalam pesawat. Maka dari itu, pastikan Anda telah mengecek ketentuan yang berlaku. Umumnya maskapai memprioritaskan ibu dan bayi masuk ke pesawat duluan agar bisa mengatur tempat duduk dengan nyaman.

5. Gendongan bayi

Gendongan bayi mungkin bisa menjadi pilihan alternatif lain jika stroller menyulitkan Anda. Anda bisa kenakan gendongan bayi selama menuju ke pesawat maupun sedang di atas pesawat bersama bayi.

Nah, jadi sudah sejauh apa persiapan mudik Anda bersama si kecil?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya