5 Cara Jadikan Lebaran Bersama Anak Makin Berkesan

Ilustrasi Anak Tertawa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –  Tanpa terasa, Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Agar momen itu jadi makin bermakna bagi si kecil, coba lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Ikuti beberapa cara seru berikut yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu menjelang lebaran bersama si kecil, dikutip dari laman desidollcompany, Rabu 13 Juni 2018.

Pakaian terbaik

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Disarankan mengenakan baju terbaik saat hari raya. Ingatkan si kecil bahwa memilih pakaian terbaik bersama keluarga lainnya adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum lebaran. Tak selalu pakaian baru, namun biarkan si kecil merasakan kegembiraan memilah pakaian terbaiknya untuk dipakai nanti.

Berdoa

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Ajarkan si kecil bahwa sebelum mendatangi lapangan atau masjid untuk shalat Idul Fitri, disarankan menggemakan Takbir. Bersama keluarga lainnya, tunjukkan video Takbir untuk dipelajari bersama. Kemudian kumandangkan bersama-sama saat menuju tempat ibadah.

Makanan spesial

Banyak dari kita yang membuat makanan khas di Hari Raya Idul Fitri. Namun, bagaimana jika lebaran kali ini membuat sesuatu yang lebih spesial untuk si kecil? Anda bisa mencoba membuatkan kue kesukaan atau minuman favorit si kecil. Makanan dan minuman kesukaannya yang hadir di Hari Raya dapat membuat ia merasakan kegembiraan menyambut lebaran.

Membaca buku

Membaca buku dengan si kecil, khususnya mengenai sejarah Hari Raya Idul Fitri, dapat memberikan kesenangan yang berbeda padanya dalam menyambut hari kemenangan. Anda bisa membaca bersama maupun mengisahkan mengenai pentingnya menyambut hari raya secara suka cita.

Hadiah

Berikan hadiah yang bermanfaat untuk si kecil dalam belajar atau untuk meningkatkan kemampuan sosialisasinya dengan sanak keluarga. Anda bisa memberikan hadiah berupa permainan yang sederhana namun bisa dimainkan bersama seperti puzzle, ular tangga, dan mainan edukasi lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya