Tokoh Animasi Efektif Jadi Alat Bantu Orangtua Mendidik Anak

Incredibles 2
Sumber :
  • aceshowbiz

VIVA – Menyambut Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni 2018 mendatang, ada baiknya Anda sebagai orangtua mulai merenungkan kembali cara menanamkan dan menerapkan pola hidup yang lebih sehat dan aktif bersama anak-anak yang menyenangkan dan mudah diterima.

Kenali 7 Tips Menjadi Ibu yang Sukses Mendidik Anak Zaman Sekarang

Nah, kedekatan anak-anak dengan berbagai tokoh animasi yang inspiratif ternyata dapat dimanfaatkan dalam menanamkan nilai dan kebiasaan baik pada mereka, termasuk pola hidup sehat dan aktif. Itulah mengapa Frisian Flag Indonesia (FFI) berkolaborasi dengan perusahaan hiburan dan media terbesar dunia Disney, menghadirkan karakter inspiratif keluarga yakni tokoh-tokoh Pixar dalam film Incredibles 2 dalam kemasan baru produk susu siap minum.

"Kebiasaan adalah sesuatu yang dapat dipelajari, dibentuk, dikurangi ataupun ditambahkan intenstitasnya," ucap Psikolog keluarga, Retno Dewanti Purba dalam rilis yang diterima VIVA, Sabtu, 23 Juni 2018.

Ketika Mertua Suka Ikut Campur dalam Mendidik Seorang Anak

Ia mengatakan bahwa dalam menerapkan sebuah kebiasaan, anak belajar dengan cara meniru, mengulangi dan mengenali pola-pola serta keteraturan dari pengalaman yang dialami sehari-hari.

"Untuk itu, diperlukan lingkungan yang stabil serta konteks yang sesuai dalam membantu proses pembentukan kebiasaan baik, yaitu berupa waktu, benda, serta perilaku pendahulu untuk memudahkan anak memahami rangkaian perilaku yang harus dilakukan," ujarnya.

Tanda Lemah Ginjal sampai Cara Didik Anak Jadi Pemberani

Retno mencontohkan pada saat anak belajar memiliki kebiasaan baik minum susu, mereka membutuhkan ketetapan kapan waktu terbaik minum susu, benda apa saja yang dibutuhkan (gelas atau botol), di mana anak boleh minum susu (meja makan, kamar tidur), bersama siapa (ayah, ibu dan anggota keluarga lain) serta perilaku pendukung lainnya (minum sampai habis dan tanpa tumpah).

Pada tahap ini, orangtua juga dituntut untuk berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif serta sesuai usia anak (age-appropriate), seperti dengan melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak, serta mengaitkan manfaat nilai dan kebiasaan baik yang ingin ditanamkan melalui tokoh atau karakter favorit mereka.

Incredibles 2

Orangtua juga diharapkan dapat memberi contoh penerapan nilai dan kebiasaan baik yang ingin ditanamkan pada anak secara konsisten. Aktivitas minum susu dan olahraga yang dilakukan bersama-sama dapat menjadi solusi praktis dalam menanamkan budaya dan kebiasaan baik, sekaligus mempererat ikatan kekeluargaan yang lebih kuat.

Sebagai lingkungan pertama yang dikenal anak, keluarga memiliki peran penting dalam penanaman kebiasaan baik, termasuk pola hidup sehat dan aktif.

Perkembangan fisik dan psikologis anak juga memiliki pengaruh besar dalam proses pembentukan pola perilaku baik tersebut. Itulah sebabnya, dibutuhkan keluarga yang kuat untuk bisa mengembangkan kebiasaan baik yang diterapkan dalam keseharian anak.

"Bertepatan dengan momen Hari Keluarga Nasional pada 29 Juni mendatang, kami kembali menyuarakan pesan untuk membangun keluarga kuat melalui penerapan gaya hidup sehat dengan aktif bergerak dan rutin mengonsumsi susu sebagai asupan yang kaya akan gizi," kata Corporate Affairs Director FFI, Andrew F. Saputro.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya